Penulis Utama : Indri Cut Nadzila
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1517041
Tahun : 2020
Judul : Pelayanan Administrasi Peralihan Hak Atas Tanah di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Prog. Diploma Manajemen Administrasi-D1517041-2020
Subyek : PELAYANAN PUBLIK, PERALIHAN HAK, PELAYANAN PERALIHAN HAK ATAS TANAH
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Peralihan Hak Atas Tanah adalah suatu kegiatan yang dilakukan di kantor Badan Pertanahan Nasional yang mana menyebabkan hak atas tanah ini dapat dialihkan  dan  beralih  kepada pihak  lain.  Semua  kegiatan  perbuatan  hukum maupun  peristiwa  hukum  akan  dilakukan dihadapan  Pejabat  Pembuat  Akta (PPAT) sebelum melakukan pengurusan pendaftaran peralihan hak atas tanah di kantor BPN. Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) adalah salah satu lembaga pemerintah non kementrian yang berada di bawah dan bertanggung jawab pada presiden,  salah  satunya  kantor  pertanahan  yang  berkedudukan  di  Kabupaten Sragen merupakan salah satu kantor yang memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan mendaftarkan sertifikat tanahnya. Peralihan/Pemeliharan peralihan hak atas tanah ini dilakukan untuk jaminan hukum kepemilikan suatu bidang tanah.
Jenis Pengamatan yang dilakukan penulis adalah observasi berperan aktif yaitu dengan menggambarkan bagaimana hasil pengamatan pelayanan administrasi peralihan  Hak  Atas Tanah  di  Kantor  Badan  Pertanahan  Nasional  Kabupaten Sragen dengan kata-kata sesuai fakta yang penulis amati. Sumber data diperoleh dari narasumber (informan), lokasi pengamatan, peristiwa atau aktivitas serta dokumen.   Teknik   pengumpulan   data   yang   digunakan   berupa   wawancara, observasi partisipatif dan dokumen.
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, pelayanan administrasi peralihan hak atas tanah yang ada di kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sragen ini sudah baik dilihat dari alur prosedur yang sudah terpapar di dinding kantor serta dapat diperjalas oleh pihak loket dengan waktu pelayanan sesuai dengan SOP yang berlaku, biaya penyelesaian permohonan yang dilakukan transparan sesuai Peraturan Pemerintah No.128 Tahun 2015. Produk pelayanan yang diberikan berupa hasil pelayanan yang diberikan ke masyarakat dengan didukung sarana prasarana  yang   lengkap   dan   juga  petugas   atau  pegawai   kantor   memiliki kompetensi dalam memberikan pelayanan karena adanya Analisis Beban Kerja (ABK). Pelaksanaan pelayanan peralihan hak atas tanah di kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sragen sudah dilakukan sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 24 tahun 1997 tentang pendaftaran tanah.

Kata Kunci : Pelayanan publik, Peralihan Hak, Pelayanan Peralihan Hak Atas
Tanah

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
surat persetujuan.pdf
HALAMAN JUDUL_Indri Cut Nadzila_D1517041.pdf
BAB 1_Indri Cut Nadzila_D1517041.pdf
BAB 2_Indri Cut Nadzila_D1517041.pdf
BAB 3_Indri Cut Nadzila_D1517041.pdf
BAB 4_Indri Cut Nadzila_D1517041.pdf
BAB 5_Indri Cut Nadzila_D1517041.pdf
DAFPUS_Indri Cut Nadzila_D1517041.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Is Hadri Utomo, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi