Penulis Utama : Rosita Yanti
NIM / NIP : S961602003
×

Latar Belakang. Pada   beberapa   studi    dikatakan  bahwa   kontrol  tekanan  darah   pada   pasien  CAPD  lebih    baik  dibandingkan  HD. Tetapi  kontrol  tekanan  darah  pada  pasien   dengan  CAPD  masih  belum  banyak  dipelajari  serta  belum  adanya penelitian yang menghubungkan antara kadar elektrolit Natrium, Kalium dan Kalsium dengan hipertensi  pada pasien CAPD.
Tujuan Penelitian. Untuk mengetahui adanya hubungan kadar elektrolit Natrium, Kalium, Kalsium terhadap hipertensi pada pasien CAPD di RSUD Dr. Moewardi.

Metode Penelitian. Penelitian  observasional  analitik  dengan  uji  potong  lintang. Sampel  30  pasien  CAPD  yang  kontrol  ke  poliklinik  CAPD  dan  rawat  inap di RSUD Dr. Moewardi. Tekanan  darah   diukur  dengan  alat  Sphygmomanometer. Sedangkan   kadar   natrium,  kalium   dan   kalsium  serum  diperiksa    dengan  alat AVL Roche  dan   metode  ion selective electrode.  Data  penelitian disajikan dalam  bentuk mean  ±  SD  kemudian  dianalisis  menggunakan  SPSS  25.0 dengan nilai p < 0>Hasil Penelitian. Variabel karakteristik yang berkorelasi signifikan dengan tekanan darah sistolik adalah variabel umur, dengan probabilitas sebesar p = 0,048. Sementara tidak ada variabel karakteristik yang berkorelasi signifkan dengan tekanan darah diastolik. Hasil analisis korelasi sederhana maupun parsial antara variabel Natrium dengan variabel tekanan darah sistolik yaitu bersifat positif dan signifikan. Hasil  analisis   korelasi  sederhana maupun parsial antara Kalium dengan tekanan darah sistolik dan diastolik yaitu tidak signifikan. Hasil analisis korelasi sederhana antara Kalsium dengan tekanan darah sistolik yaitu bersifat positif dan signifikan. Tetapi  tidak  signifikan   dengan  korelasi  parsial.  Dan  untuk  tekanan darah diastolik dengan Kalsium, tidak terdapat hubungan yang signifikan baik dengan korelasi sederhana maupun korelasi parsial.  
Kesimpulan. Terdapat  hubungan  positif dan signifikan antara kadar natrium serum dengan Hipertensi. Tidak ada hubungan yang signifikan antara kadar Kalium serum dengan Hipertensi.Terdapat hubungan yang signifikan antara kadar Kalsium serum dengan Hipertensi

Kata Kunci : Hipertensi, CAPD, Natrium, Kalium, Kalsium

 

×
Penulis Utama : Rosita Yanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S961602003
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Kadar Natrium, Kalium, Kalsium Terhadap Hipertensi pada Pasien CAPD di RSUD Dr. Moewardi Tahun 2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : PPDS Ilmu Penyakit Dalam
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi PPDS Ilmu Penyakit Dalam - S961602003 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Wachid Putranto, Sp.PD-KGH, FINASIM
2. dr. Agus Joko Susanto, Sp.PD, KAI, FINASIM
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.