Penulis Utama : Lisnawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1517047
Tahun : 2020
Judul : Prosedur Pencatatan Penjualan Tunai di Sales Accounting PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Branch Office Semarang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Prog. Diploma Manajemen Administrasi-D1517047-2020
Subyek : PENCATATAN, PENJUALAN TUNAI, PT GARUDA INDONESIA (PERSERO) TBK BRANCH OFFICE SEMARANG
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pencatatan laporan penjualan mempunyai peran yang sangat penting dalam perusahaan, yaitu berperan dalam menyajikan suatu laporan keuangan dan sebagai dasar pengambilan keputusan bagi perusahaan. Agar dapat menyajikan suatu laporan keuangan yang efektif, maka perusahaan menetapkan prosedur dalam pencatatan laporan penjualan agar pekerjaan yang dilakukan dapat dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Pengamatan ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pencatatan penjualan tunai di Sales Accounting PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Branch Office Semarang. Jenis pengamatan yang dilakukan pengamat adalah observasi berperan aktif, yaitu pengamat tidak bersikap pasif sebagai pengamat tetapi pengamat ikut berperan aktif dalam membantu menyelesaikan tugas bagian sales accounting yang sebelumnya sudah mendapatkan izin dari pihak yang bersangkutan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan staf sales accounting dan supervisor bagian ticketing, observasi berperan aktif, serta mengkaji dokumen dan arsip.
Hasil dari pengamatan menunjukkan bahwa prosedur pencatatan penjualan tunai di Sales Accounting PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Branch Office Semarang terdiri dari beberapa tahap dan melibatkan dua fungsi dalam perusahaan yaitu bagian ticketing dan bagian sales accounting. Tahapan dalam prosedur pencatatan penjualan tunai di Sales Accounting PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Branch Office Semarang antara lain penerimaan dokumen laporan penjualan tunai yang diserahkan oleh bagian ticketing, verifikasi dokumen laporan penjualan tunai, menghitung komisi tiap bank untuk penjualan tunai menggunakan kartu debit atau kartu kredit, melakukan penjurnalan ke SAP, dan tahap yang terakhir adalah proses clearing.

Kata kunci : Pencatatan, Penjualan Tunai, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Branch Office Semarang.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah_Lisnawati_D1517047.pdf
HALAMAN JUDUL_Lisnawati_D1517047.pdf
BAB 1_Lisnawati_D1517047.pdf
BAB 2_Lisnawati_D1517047.pdf
BAB 3_Lisnawati_D1517047.pdf
BAB 4_Lisnawati_D1517047.pdf
BAB 5_Lisnawati_D1517047.pdf
DAFTAR PUSTAKA_Lisnawati_D1517047.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tiyas Nur Haryani, S.Sos., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi