Penulis Utama : Syarif Afif
NIM / NIP : S981608006
×

Latar Belakang: Penambahan blok scalp levobupivakain efektif dalam menurunkan respon hemodinamik seperti tekanan darah, MAP dan laju nadi terutama pada waktu pemasangan pin, insisi kulit, dan insisi durameter pasien kraniotomi. Adjuvan sering ditambahkan pada anestesi lokal untuk memperkuat dan memperpanjang efek analgesia pada blok saraf tepi. Klonidin memiliki aksi yang sinergis dengan agen lokal anestesi. Klonidin meningkatkan blok sensoris dan motoris baik dalam blok perifer maupun neuroaksial. Dosis yang paling umum adalah 2 mcg / kg berat badan.
Tujuan: Mengetahui efektifitas penambahan klonidin 1 mcg/kgbb dan 2 mcg/kgbb pada blok scalp sebagai analgetik kraniotomi.
Metode: Penelitian pada 30 pasien memenuhi kriteria inklusi. Subyek dibagi menjadi tiga kelompok sama banyak, kelompok I: blok scalp dengan levobupivacain 0,25%, dan kelompok II: blok scalp ditambah klonidie 1 mcg/kg, kelompok III: blok scalp ditambah klonidin 2mcg/kg. Semua pasien mendapatkan perlakuan anestesi umum sesuai standar kemudian dilakukan penilaian terhadap tekanan darah, MAP, laju nadi pada sebelum intubasi, pemasangan pin, insisi kulit dan insisi duramater.
Hasil: Ada perbedaan yang signifikan penambahan klonidin pada levobupivacain 0,25% dengan kelompok kontrol terutama pada laju nadi dan diastolik untuk kraniotomi. Klonidin 2 mcg/kgbb pada beberapa waktu menunjukkan perbedaan signifikan dibandingkan dengan penambahan dosis klonidin 1 mcg/kgbb.
Kesimpulan: Penambahan klonidin pada blok scalp levobupivakain efektif dalam menurunkan respon hemodinamik terutama laju nadi dan tekanan darah diastolik.

Kata Kunci: Blok Scalp, Klonidin, Levobupivakain, Kraniotomi

 

×
Penulis Utama : Syarif Afif
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S981608006
Tahun : 2020
Judul : Perbedaan Respon Hemodinamik Penambahan Klonidin 1 dan 2 Mcg/Kgbb pada Blok Scalp
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : PPDS Anestesi
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi PPDS Anestesiologi dan Terapi Intensif - S981608006 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ardana Tri Arianto, Msi.Med, SpAn-KNA.
2. dr. Sugeng Budi Santosa, SpAn, KMN, FIPM.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.