Penulis Utama : Sekar Arum Mranani
NIM / NIP : D1517081
×

Tujuan pengamatan yang dilakukan oleh penulis di Kejaksaan Negeri Surakarta untuk mengetahui sistem informasi arsip tindak pidana umum di Kejaksaan Negeri Surakarta. Penggunaan sistem ini akan membuat semua kegiatan yang dilakukan lebih efektif dan efisien dengan dilakukan menggunakan sistem aplikasi yang mendukung. Penggunaan sistem informasi lebih efisien karena dapat mempercepat penyampaian informasi secara luas dan tidak membutuhkan waktu yang lama.  

Pengamatan ini merupakan pengamatan yang menggunakan metode deskriptif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan analisis dokumen dan arsip. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat dan peristiwa, serta arsip dan dokumen. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis data model deskriptif dengan langkah – langkah yaitu merumuskan masalah pengamatan, merumuskan tujuan pengamatan, mengkaji pustaka, menentukan sampel yang representatif, menyusun instrumen pengamatan,  mengumpulkan data, menganalisis data, dan menarik kesimpulan.

Hasil pengamatan menunjukan bahwa kegiatan sistem informasi arsip tindak pidana umum di Kejaksaan Negeri Surakarta meliputi : perencanaan, pengorganisasian, pembimbingan, dan pengawasan. Di Kejaksaan Negeri Surakarta dalam pengentryan data arsip menggunakan suatu sistem SIMKARI. SIMKARI adalah aplikasi atau alat bantu dalam pengelolaan administrasi secara komputerisasi secara terintegrasi ke seluruh unit kerja di Kejaksaan Agung, Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri seluruh Indonesia. Bertujuan untuk mengelola seluruh data informasi Kejaksaan Republik Indonesia yang disajikan secara cepat, lengkap dan akurat. Arsip yang dientry dengan SIMKARI apabila ingin dibutuhkan kembali maka dapat dicari dengan cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Kata Kunci : Sistem informasi, arsip

×
Penulis Utama : Sekar Arum Mranani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1517081
Tahun : 2020
Judul : Sistem Informasi Arsip Tindak Pidana Umum di Kejaksaan Negeri Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Prog. Diploma Manajemen Administrasi-D1517081-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Marsudi, MS
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.