Penulis Utama : Dafi Firmansyah
NIM / NIP : K1216019
×

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan struktur sosial dalam novel Seorang Laki-laki yang Keluar dari Rumah karya Puthut EA; 2) Mendeskripsikan nilai sosial dalam novel   Seorang Laki-laki yang Keluar dari Rumah karya Puthut EA, dan 3) Mendeskripsikan relevansi struktur sosial dan nilai sosial dalam novel Seorang Laki-laki yang Keluar dari Rumah karya Puthut EA sebagai altenatif bahan ajar pada pembelajaran sastra menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca di SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa kata, frasa, kalimat maupun paragraf yang terdapat dalam novel Seorang Laki-laki yang Keluar dari Rumah karya Puthut EA. Data dan sumber data yang digunakan berupa kata, frasa, kalimat, paragraf, pencatatan dokumen, dan didukung dengan hasil wawancara. Teknik analisis data menggunakan tenik analisis   mengalir,   dan   dilakukan   uji   validitas   data   dengan   menggunakan triangulasi teori dan didukung triangulasi sumber melalui wawancara terhadap guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa yang telah membaca novel Seorang Laki-laki yang Keluar dari Rumah karya Puthut EA.
Berdasarkan paparan dalam rumusan masalah, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) struktur sosial dengan berdasarkan teori Seokanto tersebut meliputi kelompok sosial, lembaga sosial, kebudayaan, stratifikasi sosial, dan kekuasaan. Dalam kajian mengenai kebudayaan dikaitkan dengan teori yang berfokus pada filsafat hidup Jawa dan mistik Kejawen; 2) nilai sosial yang dikaji menggunakan  teori  sosiologi  sastra  yang  termuat  dalam  Yunahar  dan  Ilyas tersebut meliputi 4 (empat) nilai utama yang pada masing-masing nilai mengandung nilai lainnya, meliputi; nilai kasih sayang (terbagi menjadi nilai pengabdian, tolong-menolong, kekeluargaan, dan kesetiaan), nilai tanggung jawab (terbagi menjadi nilai rasa memiliki, didiplin, empati), nilai keserasian hidup (terbagi menjadi nilai keadilan, kerja sama, demokrasi), dan 3) novel Seorang Laki-laki yang Keluar dari Rumah karya Puthut EA terbitan tahun 2017 dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI SMA pada kompetensi dasar menganalisis isi pesan dari satu buku fiksi yang dibaca.

Kata Kunci: Sosiologi Sastra, Struktur Sastra, Nilai Sosial, Bahan Ajar.

 

×
Penulis Utama : Dafi Firmansyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1216019
Tahun : 2021
Judul : Analisis Struktur Sosial dan Nilai Sosial dalam Novel Seorang Laki-Laki Yang Keluar Dari Rumah Karya Puthut Ea Serta Pemanfaatanya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - K1216019 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd.
2. Chafit Ulya, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.