Penulis Utama : Inta Rachma Yuniarta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1216040
Tahun : 2021
Judul : Kajian Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Gadis Kretek Karya Ratih Kumala Serta Kegunaannya Sebagai Materi Pembelajaran di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - K1216040 - 2021
Subyek : PSIKOLOGI SASTRA, NOVEL, NILAI PENDIDIKAN, BAHAN AJAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) id tokoh utama dari novel Gadis Kretek karya Ratih Kumala, (2) ego tokoh utama dari novel Gadis Kretek karya Ratih Kumala, (3) super ego tokoh utama dari novel Gadis Kretek karya Ratih Kumala, (4) nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Gadis Kretek Karya Ratih Kumala, dam (5) kegunaan konflik batin tokoh utama dan  nilai-nilai pendidikan karakter dari novel Gadis Kretek karya Ratih Kumala sebagai bahan ajar.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Data dalam penelitian ini berupa dokumen teks novel Gadis Kretek karya Ratih Kumala serta hasil wawancara yang diperoleh dari dua informan, yakni siswa kelas XII SMA, guru bidang studi bahasa Indonesia, dan pakar pendidikan bahasa Indonesia. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara. Teknik validitas yang digunakan adalah triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan teknik analisis mengalir.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) id yang ditunjukkan tokoh dalam novel berupa rasa tertarik pada lawan jenis dan keinginan untuk menjaga kelangsungan hidup, (2) ego tokoh didominasi usaha untuk mewujudkan id yang berupa rasa tertarik pada lawan jenis, (3) super ego yang ditampilkan tokoh berupa empati, rasa bersalah, dan rasa malu, (nilai pendidikan karakter yang paling banyak ditemukan dalam novel Gadis Kretek karya Ratih Kumala adalah nilai kreatif, nilai komunikatif, dan nilai peduli sosial, (5) novel Gadis Kretek mengangkat tema yang dekat dengan siswa, memberi teladan agar siswa menemukan minat dan menekuninya, mengandung nilai pendidikan karakter, mengandung pengetahuan tambahan yang dapat memperkaya wawasan siswa, erta menampilkan karakteristik kejiwaan yang relevan dengan siswa SMA.

Kata kunci: Psikologi Sastra, Novel, Nilai Pendidikan, Bahan Ajar

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Herman J. Waluyo, M.Pd.
2. Sri Hastuti, S.S., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP