Penulis Utama : Susi Widyawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1216067
Tahun : 2021
Judul : Interferensi Gramatika Bahasa Jawa ke Dalam Bahasa Indonesia pada Rubrik Gagasan Surat Kabar Solopos Sebagai Bahan Ajar Analisis Kebahasaan Artikel Opini di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - K1216067 - 2021
Subyek : INTERFERENSI MORFOLOGI, INTERFERENSI SINTAKSIS, FAKTOR PENYEBAB INTERFERENSI, DAN ARTIKEL OPINI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Interferensi gramatikal adalah gangguan bahasa pada tata bahasa yang terdiri atas tataran morfologi dan sintaksis. Penelitian ini memiliki empat tujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk-bentuk interferensi morfologi, (2) interferensi sintaksis, (3) faktor penyebab interferensi gramatika pada rubrik “Gagasan” Surat Kabar Solopos, dan (4) pemanfaatan hasil penelitian sebagai bahan ajar analisis kebahasaan artikel opini di SMA.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Objek penelitian ini adalah interferensi gramatika bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia pada rubrik “Gagasan” Surat Kabar Solopos edisi November – Desember 2019. Teknik pengambilan sampel meggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca, catat, dan teknik wawancara. Informan dala penelitian ini terdiri atas jurnalis rubrik “Gagasan” Solopos, penulis dan pembaca Surat Kabar Solopos, guru bahasa Indonesia, dan siswa. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rubrik Gagasan Surat Kabar Solopos terdapat (1) interferensi morfologi pada penggunaan prefiks {N}, sufiks /-an/, reduplikasi, penghilangan afiksasi, dan penggunaan KB + /-nya/, (2) interferensi sintaksis pada penyimpangan pola MD-DM, pemilihan kata yang tidak tepat dalam BI, susunan kata saking + kata sifat + /-nya/, pemakaian partikel, dan penggunaan konjungsi, (3) faktor penyebab interferensi antara lain kebiasaan bahasa tulis ragam jurnalistik, kebiasaan penulis menggunakan bahasa Jawa, pemahaman penulis terhadap interferensi bahasa dan kaidah kebahasaan kurang, penguasaan kosakata bahasa Indonesia penulis sedikit, penyunting kurang teliti, (4) hasil penelitian ini dapat digunakan dan dimanfaatkan dalam pembelajaran analisis kebahasaan Artikel Opini oleh siswa di SMA.

Kata kunci: Interferensi  Morfologi, Interferensi Sintaksis, Faktor Penyebab Interferensi, Dan Artikel Opini

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Ani Rakhmawati, M.A., Ph.D.
2. Dr. Sumarwati, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP