Penulis Utama : Ratna Intan Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1217064
Tahun : 2021
Judul : Analisis Kumpulan Cerpen Konvensi Karya A. Mustofa Bisri: Kajian Sosiologi Sastra, Nilai Pendidikan Karakter, Dan Kebermanfaatannya Dalam Pembelajaran di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - K1217064 - 2021
Subyek : SOSIOLOGI SASTRA, CERPEN, NILAI PENDIDIKAN KARAKTER, PEMBELAJARAN DI SMA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menjelaskan latar belakang sosial pengarang, (2) mendeskripsikan dan menjelaskan latar belakang sosial karya sastra, (3) mendeskripsikan dan menjelaskan nilai pendidikan karakter, dan (4) mendeskripsikan dan menjelaskan kebermanfaatan dalam pembelajaran di SMA dari Kumpulan Cerpen Konvensi karya A. Mustofa Bisri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan penyajian data berupa penggambaran dan deskripsi.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik analisis dokumen dan wawancara mendalam. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Kumpulan Cerpen Konvensi Karya A. Mustofa Bisri. Sumber data sekunder adalah dari hasil analisis video dan artikel dari internet serta hasil wawancara dengan informan yaitu guru Bahasa Indonesia dan siswa  SMA. Teknik keabsahan data diperoleh menggunakan triangulasi teori dan sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model mengalir.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut, memaparkan latar belakang sosial pengarang dan ditemukan adanya kesesuaian antara hasil analisis dengan isi cerita dalam Kumpulan Cerpen Konvensi, yaitu latar belakang sosial pengarang sebagai seorang kiai menjadikan karya yang diciptakan lekat dengan unsur keagamaan. Memaparkan latar belakang sosial karya sastra dan terdapat enam permasalahan sosial dalam Kumpulan Cerpen Konvensi. Permasalahan sosial tersebut adalah hasil dari pengamatan Mustofa Bisri terhadap peristiwa yang terjadi selama proses penciptaan karya pada tahun 2002-2018. Ditemukan delapan belas nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Kumpulan Cerpen Konvensi. Terdapat kebermanfaatan hasil penelitian terhadap pembelajaran di SMA, yaitu sebagai alternatif pemilihan bahan ajar materi cerpen untuk kelas XI.

Kata kunci:sosiologi sastra,cerpen, nilai pendidikan karakter, pembelajaran di SMA

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Nugraheni Eko Wardani, M.Hum.
2. Dr. M. Rohmadi S.S, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP