Penulis Utama : Awang Haris Prasetyo Adhi
NIM / NIP : K1314014
×

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran matematika menggunakan aplikasi Lectora Inspire pada pokok bahasan operasi aljabar kelas VII yang memenuhi standar valid, efektif, dan praktis serta dapat mendorong keaktifan belajar siswa.
Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model penelitian Hannafin dan Peck yang terdiri dari 3 fase, yaitu fase analisi kebutuhan, fase desain, dan fase pengembangan/implementasi. Produk di uji sebanyak tiga kali untuk menguji kestandaran media. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VII SMP Kristen 1 Surakarta ,tim ahli materi, dan tim ahli media. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, dan angket. Analisis data menggunakan teknik kategorisasi pada tahap uji validitas media dan uji kepraktisan media serta menggunakan teknik presentase pada tahap uji efektivitas media.
Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi Lectora Inspire memenuhi standar valid, efektif, dan praktis dengan beberapa revisi dari tim ahli dan guru. Dengan menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi Lectora Inspire keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan. Simpulan penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan Lectora Inspire memenuhi standar valid, efektif dan praktis serta mendorong keaktifan belajar siswa.


Kata kunci : Lectora Inspire, Research and Development, media pembelajaran, aljabar, valid, efektif, praktis, keaktifan belajar siswa

 

×
Penulis Utama : Awang Haris Prasetyo Adhi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1314014
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran dengan Menggunakan Lectora Inspire pada Pokok Bahasan Operasi Aljabar Kelas VII SMP Kristen 1 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Matematika - K1314014 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ikrar Pramudya, M.Si.
2. Henny Ekana Chrisnawati, S.Si., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.