Penulis Utama : Afifah Rahma Amini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1316003
Tahun : 2021
Judul : Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Daring pada Masa Pandemik Covid-19 SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Matematika - K1316003 - 2021
Subyek : EVALUASI, DARING, PANDEMIK, COVID-19.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui evaluasi, kelebihan, dan kendala pembelajaran daring matematika selama masa pandemik COVID-19 pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 di SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar.
Penelitian ini merupakan penelitian survei evaluatif dengan sampel 222 siswa kelas VIII dan kelas IX dan 4 guru matematika SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar Tahin Ajaran 2020/2021. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode angket untuk siswa dan metode wawancara untuk guru matematika. Prosedur penelitian ini adalah tahapan pra-lapangan, pekerjaan lapangan, analisis data, dan penulisan laporan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan pembelajaran matematika berbasis daring di SMP Muhammadiyah Darul Arqom telah terlaksana dengan cukup. Evaluasi siswa SMP Muhammadiyah Darul Arqom ketika pembelajaran matematika secara daring sudah baik.  Evaluasi guru SMP Muhammadiyah Darul Arqom ketika pembelajaran matematika secara daring sudah cukup Kelebihan dari pembelajaran matematika berbasis daring yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Darul Arqom adalah siswa dapat membuka kembali materi yang diberikan oleh guru kapan saja, siswa dapat memanfaatkan internet sebagai referensi dan sumber belajar, siswa dapat meminta bantuan anggota keluarga dalam pembelajaran daring di rumah, kemampuan guru dan siswa dalam menggunakan teknologi meningkat, dan guru dapat membuat media pembelajaran berupa video. Kendala dari pembelajaran matematika berbasis daring yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Darul Arqom adalah jaringan internet yang tidak stabil, siswa kesulitan memahami materi yang diberikan oleh guru saat pembelajaran daring matematika, terdapat banyak gangguan di rumah ketika pembelajaran daring matematika, biaya untuk membeli kuota internet membengkak, tidak ada grup antara siswa dengan guru matematika di WhatsApp, tidak adanya kedekatan antar guru dan murid, guru merasa beban mengajar lebih berat, banyak siswa menjadi lebih malas karena tidak ada kontrol guru, dan guru tidak menggunakan LMS dan video conference ketika pembelajaran daring.

Kata kunci: evaluasi, daring, pandemik, COVID-19.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Budiyono, M.Sc.
2. Drs. Ponco Sujatmiko M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP