Penulis Utama : Andhika Bahari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1316009
Tahun : 2021
Judul : Analisis Proses Pemecahan Masalah Non Rutin Materi Barisan dan Deret pada Siswa Kelas XII SMAN 1 Banyudono Ditinjau dari Kecerdasan Logis-Matematis
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Matematika - K1316009 - 2021
Subyek : KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS, MASALAH NON RUTIN, PROSES PEME-CAHAN MASALAH, TAHAPAN POLYA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pemecahan masalah siswa kelas XII IPA 1 SMAN 1 Banyudono pada masalah non rutin materi barisan dan deret ditinjau dari kecerdasan logis-matematis.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas XII IPA 1, yang terdiri dari 2 siswa dengan kecerdasan logis-matematis tinggi, 2 siswa dengan kecerdasan logis-matematis sedang, serta 2 siswa dengan kecerdasan logis-matematis rendah. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara berbasis tugas. Tugas dalam penelitian ini adalah Tes Kemampuan Pemecahan Masalah. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi waktu. Teknik analisis data yang dugunakan yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kecerdasan logis-matematis tinggi mampu melaksanakan semua langkah Polya pada pemecahan masalah non rutin, mulai dari memahami masalah, membuat rencana, melak-sanakan rencana serta melihat kembali. Siswa dengan kecerdasan logis-matematis sedang dan rendah tidak mampu memahami masalah dengan baik. Akibatnya siswa tidak mampu membuat rencana, serta melihat kembali. Akan tetapi siswa dengan kecerdasan logis-matematis sedang mampu menjalankan rencana walaupun rencana yang dibuat tidak tepat, sementara siswa dengan kecerdasan logis-matematis rendah tidak dapat melaksanakan rencana yang telah dibuat. Simpulan dari penelitian ini adalah siswa dengan kecerdasan logis-matematis tinggi melaksanakan semua langkah Polya dalam memecahkan masalah non rutin, sementara siswa dengan kecerdasan logis-matematis sedang dan rendah tidak dapat melaksanakan langkah Polya dengan baik dalam memecahkan masalah non rutin. Siswa dengan kecerdasan logis-matematis sedang hanya mampu melaksanakan rencana, sementara siswa dengan kecerdasan logis-matematis rendah tidak mampu melaksanakan semua langkah pemecahan masalah Polya.

Kata kunci:Kecerdasan Logis-Matematis, Masalah Non Rutin, Proses Peme-cahan Masalah, Tahapan Polya

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ikrar Pramudya, M.Si.
2. Drs. Ponco Sujatmiko M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP