Penulis Utama : Winda Indah Nadila
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1517097
Tahun : 2020
Judul : Sistem Pelayanan Penerimaan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Prog. Diploma Manajemen Administrasi-D1517097-2020
Subyek : SISTEM, PELAYANAN, SPT TAHUNAN, WAJIB PAJAK, ELEKTRONIK
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Sistem Pelayanan Penerimaan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Petugas Pajak untuk memberikan bantuan dan kemudahan kepada Wajib Pajak yang akan menyampaikan kewajiban penyampaian SPT Tahunannya.
Pengamatan dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali, Menggunakan jenis pengamatan observasi berperan aktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, mengkaji dokumen dan arsip.
Hasil pengamatan menunjukkan bahwa Sistem pelayanan penerimaan SPT Tahunan Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali telah dilakukan dengan berbasis elektronik sesuai himbauan DJP. Sistem Pelayanan dimulai dengan Petugas memberikan layanan permohonan pembuatan kode efin untuk Wajib Pajak yang baru pertama kali melaporkan SPT Tahunan kemudian Wajib Pajak yang telah mendapatkan efin akan dilayani pengisian data SPT Tahunan oleh Petugas pada aplikasi e-filling atau e-form. Hasil akhir dari pelayanan adalah Wajib Pajak akan mendapatkan Bukti Penerimaan Elektronik melalui email sebagai tanda bahwa telah melakukan kewajiban penyampaian SPT Tahunan. Sistem pelayanan penerimaan SPT Tahunan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali telah berjalan dengan baik, Petugas TPT penerima SPT Tahunan sangat ramah dan berusaha melakukan komunikasi yang baik saat pemberian layanan dengan menjelaskan tahap demi tahap proses penyampaian SPT secara elektronik kepada Wajib Pajak. Fasilitas pelayanan yang tersedia di TPT sangat memadai, proses pelayanan yang dilakukan sudah berjalan efektif tepat waktu sesuai dengan standar pelayanan namun di sisi lain terdapat kendala saat proses pelayanan yaitu Wajib Pajak terkadang tidak lengkap membawa syarat dokumen yang diperlukan dan adanya kendala pada koneksi jaringan internet. Sistem Pelayanan Penerimaan SPT Tahunan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali telah berhasil mencapai target pelayanan perpajakan yang optimal berdasarkan Indikator Kinerja Utama.

Kata kunci : Sistem, Pelayanan, SPT Tahunan, Wajib Pajak, Elektronik

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Surat persetujuan.pdf
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sudaryanti, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi