Penulis Utama : Firman Ardhi Hastuti
NIM / NIP : K1316021
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dengan kategori tingkat kecerdasan logis matematis tinggi, sedang dan rendah dengan materi luas permukaan bangun ruang sisi datar berdasarkan langkah Newman.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Ngemplak tahun ajaran 2019/2020. Data dari penelitian ini diperoleh dari hasil tes dan wawancara. Kesalahan yang dilakukan siswa dianalisis menggunakan Langkah analisis kesalahan Newman, yaitu (1) reading, (2) comprehension, (3) transformation, (4) process skill, (5) encoding. Penentuan kelompok tingkat kecerdasan logis matematis dilakukan dengan melakukan tes kecerdasan logis matematis pada siswa. Penentuan subjek dilakukan berdasarkan hasil tes tertulis siswa dan didapatkan satu sampel di setiap tingkatan kecerdasan logis matematis.
Hasil dari penelitian ini yaitu siswa dengan tingkat kecerdasan logis matematis tinggi sering kurang teliti dalam mengerjakan permasalahan matematika, siswa dengan kecerdasan logis matematis sedang sering melakukan kesalahan dalam process skill sedangkan siswa dengan tingkat kecerdasan logis matematis rendah banyak melakukan kesalahan  berdasarkan analisis Newman.

Kata Kunci : Analisis kesalahan Newman, luas permukaan bangun ruang sisi datar, kecerdasan logis matematis.

 

×
Penulis Utama : Firman Ardhi Hastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1316021
Tahun : 2021
Judul : Analisis Kesalahan Pemecahan Masalah Matematika Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Matematika - K1316021 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ikrar Pramudya, M.Si.
2. Drs. Ponco Sujatmiko M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.