Penulis Utama : Dyah Hesti Suwandi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1617011
Tahun : 2020
Judul : Fungsi Riset Khalayak Dalam Menunjang Kinerja Public Relations Pada Agensi AsiaPR
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Prog. Diploma Komunikasi Terapan-D1617011-2020
Subyek : PUBLIC RELATIONS, KONSULTAN PR, RISET KHALAYAK
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Kuliah Kerja Media (KKM) adalah kegiatan yang setara dengan magang yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa D3 Komunikasi Terapan saat menempuh semester 6. KKM dilaksanakan guna memperoleh gelar A.Md. yang penulis laksanakan di PT. Quantum Asia Corpora (AsiaPR), dan berlangsung pada tanggal 2 Januari – 23 Maret 2020. 
Agensi AsiaPR merupakan salah satu perusahaan konsultan Public Relations di Jakarta yang telah bekerjasama dengan banyak perusahaan. Dengan pendekatan merk sebagai “creme de la creme”, berarti AsiaPR berdedikasi untuk memperkuat citra positif klien melalui penerapan strategi efektif dalam public relations. Oleh karena itu, penulis ingin mengetahui lebih lanjut mengenai aktivitas yang dilakukan AsiaPR dalam menyusun strategi tersebut, khususnya dalam menangani permintaan klien. 
Menurut Frank Jefkins (2003:9) public relations adalah semua bentuk komunikasi yang terencana, baik itu kedalam maupun keluar, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian. 
Konsultan PR menurut Jefkins (2004: 39) adalah penyelenggaraan jasa-jasa yang bersifat teknis maupun kreatif oleh seseorang atau sekelompok orang yang memiliki keahlian dari pengalaman serta latihan yang mereka dapatkan sebelumnya, dan dalam melaksanakan fungsi PR mereka memiliki identitas perusahaan yang sah menurut hukum. Konsultan PR mendapatkan penghasilan dari pembayaran atas jasa pelayanan yang diberikan kepada pelanggan atau sering disebut klien sesuai dengan kontrak konsultasinya. 
Salah satu aktivitas yang dilakukan konsultan public relations yakni riset khalayak ataupun riset public relations. Menurut Fraser P. Seitel (1992:137) riset dalam public relations merupakan pengumpulan data, fakta, dan informasi secara sistematis dalam upaya mengembangkan pengertian. 
Selama berlangsungya KKM, aktivitas yang dilakukan Tim AsiaPR erat kaitannya dengan riset khalayak. Dalam menyusun program perusahaan klien, kerap kali menggunakan riset untuk memilih yang terbaik. Sehinga penulis dapat menyimpulkan bahwa riset yang dilakukan konsultan PR dapat mempengaruhi ketepatan atau keberhasilan suatu program, karena riset yang telah dikumpulkan menjadi kunci apa yang diinginkan khalayak perusahaan klien. 

Keyword: public relations, konsultan PR, riset khalayak

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Surat persetujuan.pdf
Halaman Utama.pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Mahfud Anshori, S. Sos., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi