Penulis Utama : Isnaini Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1316026
Tahun : 2021
Judul : Analisis Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal Pisa Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Jaten Karanganyar Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Matematika - K1316026 - 2021
Subyek : KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA, LEVEL LITERASI MATEMATIKA, PISA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa kelas IX F SMP Negeri 2 Jaten yang memiliki kemampuan matematika: (1) tinggi, (2) sedang, (3) rendah dalam menyelesaikan soal PISA.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan pemilihan sampel bertujuan (purposive sampling) yang diambil berdasarkan kelompok kemampuan matematika, terdiri dari 6 orang siswa: 2 siswa dengan kemampuan matematika tinggi, 2 siswa dengan kemampuan matematika sedang, 2 siswa dengan kemampuan matematika rendah. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX F SMP Negeri 2 Jaten Karanganyar. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berbasis tugas. Tugas yang diberikan berupa tugas pemecahan masalah soal PISA. Validasi data dilakukan dengan triangulasi waktu. Analisis data dilakukan dengan 3 langkah yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari kemampuan literasi matematika dalam menyelesaikan soal PISA, siswa dengan kemampuan matematika tinggi dan sedang secara umum dapat menyelesaikan soal level 4, dimana siswa dapat: (1) bekerja secara efektif dengan model dalam situasi konkret tetapi kompleks, (2) merepresentasikan informasi yang berbeda serta menghubungkannya dengan situasi nyata, meskipun siswa dengan kemampuan matematika tinggi ada yang dapat menyelesaikan soal level 5 kemampuan literasi matematika, dimana siswa dapat: (1) bekerja dengan model untuk situasi yang kompleks, (2) memilih serta menerapkan strategi dalam memecahkan masalah yang rumit. Siswa dengan kemampuan matematika rendah dapat menyelesaikan soal level 1 kemampuan literasi matematika, dimana siswa dapat: (1) memahami pertanyaan dengan konteks yang diketahui, (2) mengumpulkan informasi yang relevan dari pertanyaan yang jelas, (3) melakukan cara-cara penyelesaian sesuai dengan perintah yang jelas.

Kata Kunci: Kemampuan literasi matematika, level literasi matematika, PISA

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Imam Sujadi, M.Si.
2. Dyah Ratri Aryuna, S.Pd. M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP