Penulis Utama : Kesia Rosita Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1316030
Tahun : 2021
Judul : Profil Literasi Statistik Siswa SMP Negeri 2 Surakarta Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Matematika - K1316030 - 2021
Subyek : LITERASI STATISTIK, GAYA BELAJAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bagaimana profil literasi statistik siswa SMP Negeri 2 Surakarta yang memiliki gaya belajar visual, (2) mendeskripsikan bagaimana profil literasi statistik siswa SMP Negeri 2 Surakarta yang memiliki gaya belajar auditorial, (3) mendeskripsikan bagaimana profil literasi statistik siswa SMP Negeri 2 Surakarta yang memiliki gaya belajar kinestetik.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2020/2021. Subjek dipilih melalui teknik purposive sampling yaitu criterian sampling. Kriteria yang ditentukan adalah siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Masing-masing gaya belajar dipilih 2 subjek. Teknik pengumpulan data dengan metode angket, tes, dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Teknik analisis data dengan mengorganisasi data, mereduksi data, dan menginterpretasi data.
Hasil penelitian ini yaitu, (1) literasi statistik siswa dengan gaya belajar visual adalah (a) mampu membaca data dan mengidentifikasi informasi yang disajikan dalam data, (b) mampu menafsirkan data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran namun tidak mampu menafsirkan data dalam bentuk diagram garis, (c) mampu menyimpulkan data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran namun tidak mampu menyimpulkan data dalam bentuk diagram garis. (2) literasi statistik siswa dengan gaya belajar auditorial adalah (a) mampu membaca data dan  mengidentifikasi  informasi  yang disajikan  dalam  data, (b) mampu menafsirkan data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran namun tidak mampu menafsirkan data dalam bentuk diagram garis, (c) mampu menyimpulkan data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran namun tidak mampu menyimpulkan data dalam bentuk diagram garis. (3) literasi statistik siswa dengan gaya belajar kinestetik adalah (a) Subjek mampu membaca data dan  mengidentifikasi  informasi  yang disajikan  dalam  data, (b) mampu menafsirkan data dalam bentuk tabel, diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran, (c) mampu menyimpulkan data dalam bentuk tabel, diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran.

Kata kunci : Literasi Statistik, Gaya Belajar

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budi Usodo, M.Pd.
2. Arum Nur Wulandari, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP