Penulis Utama : Monika Agnes Henny Kinanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1316037
Tahun : 2021
Judul : Implementasi Pembelajaran Matematika Secara Daring di Smp Bintang Laut Surakarta pada Semester Ganjil Tahun 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Matematika - K1316037 - 2021
Subyek : PENELITIAN SURVEI, CIPP, DARING, MATEMATIKA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi, keunggulan, dan kendala pembelajaran matematika secara daring di SMP Bintang Laut Surakarta pada semester ganjil tahun 2020/2021.
Penelitian ini merupakan penelitian survei deskriptif dengan tujuan evaluasi. Tinjauan evaluasi dalam penelitian ini menggunakan model CIPP (context, input, process, product). Subjek penelitian ini adalah siswa sebanyak 280, orang tua sebanyak 280, dan lima guru matematika di SMP Bintang Laut Surakarta. Sumber data berasal dari siswa, orang tua siswa, dan guru matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk siswa dan orang tua, serta wawancara untuk guru matematika. Validitas instrumen penelitian menggunakan validitas isi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan bahan referensi.
Simpulan penelitian ini yaitu implementasi pembelajaran matematika secara daring di SMP Bintang Laut Surakarta pada semester ganjil tahun 2020/2021 sudah berjalan dengan baik. Terkait keunggulan pembelajaran secara daring yang sudah berjalan dengan baik di SMP Bintang Laut yaitu: aktivitas dan penugasan selama pembelajaran matematika secara daring disesuaikan dengan kondisi dan mempertimbangkan kesenjangan akses terhadap fasilitas pembelajaran daring; hasil belajar siswa selama pembelajaran matematika secara daring diberi umpan balik oleh guru; RPP yang digunakan sesuai dengan kondisi pembelajaran daring; siswa memiliki nomor telepon guru matematika dan masuk ke dalam grup pembelajaran daring yang telah dibuat di bawah pengawasan; proses pembelajaran matematika secara daring selalu memeriksa kehadiran siswa, memastikan siswa siap mengikuti pembelajaran, selalu mengajak siswa berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, memberikan motivasi dan selalu memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya; orang tua/wali siswa memastikan anak siap mengikuti pembelajaran matematika secara daring dan mendorong anak agar aktif selama proses pembelajaran matematika secara daring; fasilitas yang digunakan untuk pembelajaran daring siswa dan guru sudah mendukung; materi matematika menurut siswa yang mudah dipahami selama pembelajaran matematika secara daring yaitu kelas 7: bilangan bulat dan pecahan; kelas 8: relasi dan fungsi; kelas 9: persamaan kuadrat. Sedangkan kendala yang belum berjalan dengan baik pada siswa yaitu: konsentrasi siswa kadang menurun, jaringan internet tidak stabil, materi matematika menurut siswa yang sulit dipahami selama pembelajaran matematika secara daring yaitu kelas 7: himpunan; kelas 8: gradien; kelas 9: bilangan berpangkat; kendala orang tua yaitu jaringan internet tidak stabil, orang tua kurang menguasai teknologi dan aplikasi pembelajaran daring; kendala guru yaitu: jaringan internet tidak stabil, masih ada beberapa anak yang tidak siap mengikuti pembelajaran, keterbatasan memantau pemahaman siswa, dan orang tua kurang memonitor anak belajar secara daring.

Kata kunci: penelitian survei, CIPP, daring, matematika

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Budiyono, M.Sc.
2. Yemi Kuswardi, S.Si., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP