Penulis Utama : Muhammad Nashiruddin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1316038
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Adaptif (Barusida) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Tunanetra di Sekolah Inklusi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Matematika - K1316038- 2021
Subyek : PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADAPTIF, BANGUN RUANG SISI DATAR, PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI, SISWA TUNANETRA, SEKOLAH INKLUSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran geometri bangun ruang adaptif (BARUSIDA) yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa tunanetra di sekolah inklusi. Media BARUSIDA adalah media pembelajaran berupa alat peraga nyata pada topik geometri bangun ruang sisi datar yang didesain dengan mempertimbangkan prinsip taktil siswa tunanetra. Media BARUSIDA dapat menjadi representasi lebih dari satu jenis bangun ruang, karena dapat dibongkar-pasang seperti puzzle agar siswa tunanetra bisa mengkonstruksi model bangun ruang sisi datar secara fleksibel. Penulisan huruf braille pada setiap komponen media BARUSIDA dilakukan agar siswa bisa mengidentifikasi unsur-unsur bangun ruang yang dicari secara mandiri.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Plomp yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: (1) investigasi awal, (2) desain, (3) konstruksi, (4) tes, evaluasi, dan revisi, serta (5) implementasi.
Penelitian ini dilakukan di SMP Modern Islamic School (MIS) sebagai salah satu sekolah inklusi yang melayani siswa tunanetra di Surakarta. Penelitian ini dilakukan secara sangat hati-hati dan terbatas pada 3 siswa tunanetra dikarenakan kondisi pandemi Covid-19.
Hasil yang diperoleh adalah Media BARUSIDA yang valid, praktis, dan efektif.  Media BARUSIDA dinyatakan valid setelah tidak ada komentar atau saran perbaikan dari para ahli setelah dilakukan rangkaian proses validasi ahli.
Media BARUSIDA dinyatakan praktis dengan rerata skor tingkat keterlaksanaan media dan keinginan penggunaan media dari angket respon guru sebesar 3,214, rerata skor angket respon dua orang siswa sebesar 3,2, serta rerata skor respon seorang siswa sebesar 3,5. Media BARUSIDA dinyatakan efektif dengan adanya peningkatan skor pemahaman konsep dari baseline ke treatment yang berkisar antara 1 sampai 3 poin setelah dilakukan beberapa sesi pertanyaan wawancara berbasis tugas terkait indikator pemahaman konsep.

Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran Adaptif, Bangun Ruang Sisi Datar, Pemahaman Konsep Geometri, Siswa Tunanetra, Sekolah Inklusi

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Triyanto, S.Si, M.Si.
2. Dr. Farida Nurhasanah, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP