Penulis Utama : Retno Indriyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1316054
Tahun : 2021
Judul : Analisis Minat dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XII pada Pembelajaran Online Saat Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Matematika - K1316054 - 2021
Subyek : MINAT, KEMANDIRIAN, PEMBELAJARAN ONLINE
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran online untuk siswa kelas XII, minat dan kemandirian belajar siswa kelas XII pada pembelajaran online dan upaya yang dilakukan guru untuk membuat pembelajaran online menarik bagi siswa kelas XII saat pandemi COVID-19 di SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran matermatika dan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data proses pembelajaran online diperoleh melalui teknik wawancara semi terstruktur dengan narasumber guru pengampu dan siswa. Data minat dan kemandiran belajar siswa selama pembelajaran online diperoleh melalui angket dan teknik wawancara semi terstruktur dengan siswa. Data upaya yang dilakukan guru untuk membuat pembelajaran online saat pandemi COVID-19 menarik bagi siswa diperoleh melalui teknik wawancara semi terstruktur dengan narasumber guru pengampu.
Berdasarkan analisis data, didapatkan kesimpulan pelaksanaan pembelajaran online untuk siswa kelas XII pada pembelajaran online saat pandemi COVID-19 di SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali dilaksanakan selama 1 jam dalam satu minggu. Setiap pembelajaran online guru membuka pembelajaran dengan menyapa siswa kemudian menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari itu. Masuk dalam kegiatan inti pembelajaran, guru menyampaikan materi melalui media Power Point dan sekaligus memberikan latihan soal atau menyampaikan pembelajaran sesuai tujuan pembelajaran kepada siswa. Setelah diberikan materi dan soal, siswa diminta mengirimkan jawaban latihan soal melalui Google Form sekaligus mengisi presensi. Guru menutup pembelajaran dengan memberikan himbauan untuk siswa tetap jujur, disiplin dan bertanggung jawab serta memberikan semangat kepada siswa. Untuk mengevaluasi pembelajaran diadakan penilaian yang terdiri dari penilaian latihan soal, ulangan harian, PTS maupun PAS. Minat dan kemandirian belajar siswa kelas XII pada pembelajaran online saat pandemi COVID-19 di SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali secara keseluruhan dapat dikatakan kurang baik, terutama pada siswa dengan kemampuan sedang dan rendah. Upaya yang dilakukan guru untuk membuat pembelajaran online menarik bagi siswa kelas XII saat pandemi COVID-19 di SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali yaitu dengan menyapa siswa dengan ramah dan bersemangat, menciptakan suasana rileks dalam proses pembelajaran dengan cara memberikan soal-soal yang sudah pernah diajarkan dan menurunkan tingkat pressure bagi siswa karena siswa juga akan belajar secara mandiri, selalu memotivasi siswa dalam proses pembelajaran, dan menggunakan metode yang variatif dalam proses pembelajaran yaitu dengan cara memberikan rangkuman dalam bentuk Power Point yang dibuat semenarik mungkin guru juga terkadang memberikan sarana media lain seperti dengan menyarankan link melalui video Youtube yang sudah ada ataupun melalui melihat siaran pembelajaran di TVRI untuk memberikan variasi pada pembelajaran dan mengakomodir siswa dengan berbagai gaya belajar sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi.

Kata Kunci : Minat, Kemandirian, Pembelajaran Online

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Imam Sujadi, M.Si.
2. Dr. Laila Fitriana, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP