Penulis Utama : Shofiyah Daimatul Musyarrofah
NIM / NIP : K1316058
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mojolaban dalam menyelesaikan soal hubungan sudut pusat dan sudut keliling lingkaran jika ditinjau dari kemampuan awal.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan data berupa kesalahan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mojolaban dalam menyelesaikan soal hubungan sudut pusat dan sudut keliling lingkaran. Subyek penelitian ini adalah  9 siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Mojolaban yang diambil menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara berbasis tugas. Validasi data menggunakan triangulasi waktu. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ketika menyelesaikan soal hubungan sudut pusat dan sudut keliling lingkaran, siswa dengan kemampuan awal sedang dan rendah yang melakukan kesalahan, sedangan siswa dengan kemampuan awal tinggi tidak melakukan kesalahan. Siswa dengan kemampuan awal sedang melakukan: (1) kesalahan konseptual terkait materi prasyarat dua sudut saling berpenyiku, (2) kesalahan konseptual terkait hubungan sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur yang sama, (3) kesalahan konseptual terkait konsep hubungan dua sudut keliling yang menghadap busur yang sama, serta (4) kesalahan prosedural yaitu tidak dapat menentukan atau tidak menggunakan prosedur yang tepat untuk menyelesaikan soal. Sedangkan siswa dengan kemampuan awal rendah melakukan : (1) kesalahan konseptual terkait hubungan dua sudut keliling yang menghadap busur yang sama dan (2) kesalahan prosedural yaitu tidak dapat menentukan atau tidak menggunakan prosedur yang tepat untuk menyelesaikan soal.

Kata kunci: Analisis kesalahan, kemampuan awal, lingkaran.

 

×
Penulis Utama : Shofiyah Daimatul Musyarrofah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1316058
Tahun : 2021
Judul : Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mojolaban dalam Menyelesaikan Soal Hubungan Sudut Pusat dan Sudut Keliling Lingkaran Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Matematika - K1316058 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Imam Sujadi, M.Si.
2. Dyah Ratri Aryuna, S.Pd. M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.