Penulis Utama : Dawin Muhamad Yusuf
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1515015
Tahun : 2021
Judul : Redesain Bangunan Masjid Al-Fath Kampus FKIP 5 UNS dengan Pendekatan Aksesibilitas Bagi Penyandang Tuna Daksa di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Teknik Bangunan - K1515015 - 2021
Subyek : AKSESIBILITAS, DISABILITAS, MASJID
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk melengkapi fasilitas pada masjid Al-Fath sehingga memberikan rasa nyaman dan aman dalam beribadah untuk penyandang disabilitas.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah masjid kampus 5 Universitas Sebelas Maret yang digunakan oleh civitas akademik bersama dengan karyawan dan pengunjung Rumah Sakit Pendidikan UNS. Sumber data berasal dari wawancara pengguna masjid, dan dokumentasi atau arsip. Validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan studi kasus, dan analisis pustaka untuk mencari refrensi desain aksesibel pada bangunan yang sesuai. Prosedur penelitian adalah model induksi.
Penelitian dimulai dengan dilakukannya observasi terhadap pengguna masjid berdasarkan kegiatan yang sering dilakukannya di dalam masjid serta pencatatan data eksisting bangunan. Banyaknya kekurangan yang ditemukan dalam analisa lapangan masjid Al-Fath membuat masjid ini kurang ramah untuk difabel dalam segi akses yang berada di luar maupun di dalam masjid. Simpulan yang didapat yaitu dilakukannya redesain atau memberikan rancangan alternatif untuk masjid Al-Fath dengan berfokus pada peningkatan fasilitas aksesibilitasnya bagi penyandang disabilitas dalam menggunakan masjid. Proses penyusunan desain alternatif untuk masjid Al-Fath mengacu pada peraturan PermenPUPR 14/PRT/M/2017 sehingga aksesnya ramah untuk penyandang disabilitias.

Kata Kunci : Aksesibilitas, Disabilitas, Masjid

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Eko Supri Murtiono, S.T., M.T
2. Budi Siswanto, S.Pd, M.Ars.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP