Penulis Utama : Nafira Anandita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1617030
Tahun : 2020
Judul : Aktivitas External Relations PT. Solusi Bangun Indonesia Tbk. Pabrik Cilacap Dalam Upaya Meningkatkan Citra Positif Publik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Prog. Diploma Komunikasi Terapan-D1617030-2020
Subyek : PUBLIC RELATIONS, EXTERNAL RELATIONS, CITRA
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Kuliah Kerja Media merupakan salah satu kegiatan akademik yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa D3 Komunikasi Terapan yang memiliki bobot 4 SKS. Kegiatan ini dilaksanakan untuk syarat kelulusan guna memperoleh gelar A.Md. Penulis melaksanakan kegiatan ini di PT. Solusi Bangun Indonesia Tbk. Pabrik Cilacap, dan berlangsung pada tanggal 3 Februari 2020 sampai dengan 3 April 2020.
PT. Solusi Bangun Indonesia Tbk. ialah perusahaan penyedia bahan bangunan terbesar di Asia Tenggara yang salah satunya berada di Cilacap. Dengan beroperasi di kawasan industri, artinya banyak pesaing berlomba-lomba menggerakkan perekonomian. Untuk mencapai hal tersebut, PT. Solusi Bangun Indonesia Tbk. Pabrik Cilacap menghadirkan berbagai inovasi dengan memanfaatkan kegiatan public relations. Maka dari itu, penulis ingin mengetahui lebih lanjut dan memiliki pengalaman mengenai  aktivitas public relations di industri persemenan.
Frank Jefkins (2004) mengungkapkan bahwa public relations merupakan keseluruhan bentuk komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun keluar, antara perusahaan dengan publiknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian.
Salah satu aktivitas yang dilakukan public relations perusahaan yakni external relations. Oemi Abdurrahman (1993) menyatakan bahwa external relations merupakan hubungan perusahaan dengan orang-orang yang berada di luar perusahaan, hingga terbentuk opini publik yang favorable terhadap perusahaan tersebut.
Dengan adanya opini publik, maka akan mempengaruhi citra perusahaan terhadap publiknya. Canton memberikan definisi citra bahwa kesan, perasaan, gambaran diri publik terhadap perusahaan; kesan yang dengan sengaja diciptakan dari suatu obyek, orang atau organisasi. 
Selama KKM, penulis terlibat dalam berbagai aktivitas external relations yang meliputi government relations, community relations, press relations, dan customer relations. Dengan demikian, penulis menyimpulkan bahwa PT. Solusi Bangun Indonesia Tbk. Pabrik Cilacap melakukan aktivitas external relations sebagai bentuk kepeduliaan terhadap publiknya untuk meningkatkan citra positif perusahaan,sehingga terjalin hubungan yang harmonis dan saling menguntungkan.

Kata kunci: public relations, external relations, citra

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Surat persetujuan.pdf
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Wahyuning Chumaeson, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi