Penulis Utama : Budi Widi Setyanto
NIM / NIP : K1516013
×

Evaluasi merupakan komponen yang sangat penting dalam keseluruhan dalam proses pengembangan program pendidikan. Evaluasi merupakan langkah untuk memperoleh gambaran mengenai tingkat keberhasilan kurikulum yang sedang dan telah dikembangkan. Dengan adanya evaluasi terhadap program praktik industri diharapkan mampu mengetahui kelebihan dan kelemahan dari program yang telah berjalan, sehingga dapat diputuskan apakah suatu program pendidikan akan dilanjutkan, direvisi, atau diganti dengan program yang lebih baik lagi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program praktik industri Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Sebelas Maret dilihat dari aspek context (konteks), input (masukan), process (proses), product (produk). Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian evaluatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data utama menggunakan kuesioner dan wawancara sebagai data pendukung. Penelitian ini menggunakan sampel 38 mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, koordinator praktik industri Program Studi PTB, 9 dosen pembimbing, dan 4 pembimbing industri. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis rata-rata yang menggunakan kriteria penilaian.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) evaluasi context (konteks) pelaksanaan program praktik industri tergolong tinggi dengan persentase sebesar 80,22%; (2) evaluasi terhadap input (masukan) pelaksanaan program praktik industri tergolong cukup dengan persentase sebesar 78,10%; (3) evaluasi terhadap process (proses) pelaksanaan program praktik industri tergolong cukup dengan persentase sebesar 79,63%. (4) Evaluasi product (produk) pelaksanaan program praktik industri tergolong tinggi dengan persentase sebesar 81,68%.

Kata kunci: Evaluasi, Praktik  Industri, Cipp

 

×
Penulis Utama : Budi Widi Setyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1516013
Tahun : 2021
Judul : Evaluasi Program Praktik Industri Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan FKIP UNS Menggunakan Model CIPP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Teknik Bangunan - K1516013 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr Sukatiman, S.T., M.Si.
2. Aryanti Nurhidayati, S.T., M.Eng.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.