Penulis Utama : Ika Elsa Marlina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1516031
Tahun : 2021
Judul : Perencanaan Gedung Olahraga Kampus V FKIP UNS Pabelan dengan Pendekatan Green Architechture
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Teknik Bangunan - K1516031 - 2021
Subyek : GEDUNG OLAHRAGA,GREEN ARCHITECTURE
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan  penelitian  ini  adalah  Mengkaji  fasilitas  olahraga  apa  saja  yang seharusnya tersedia di Kampus V FKIP UNS Pabelan untuk memenuhi kebutuhan kegiatan olahraga civitas akademika kampus. Merencanakan dan merancang Gedung Olahraga Kampus V FKIP UNS Pabelan dengan Pendekatan Green Architecture
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Penelitian melewati beberapa   tahap   yaitu   tahap   persiapan,   tahap   penyusunan   instrumen,   tahap pengumpulan data, tahap analisis data, tahap penilaian dan revisi dan tahap akhir. Tahap persiapan yakni tahap awal sebelum melaukan penelitian yaitu studi literatur dan  pengajuan  judul  proposal.  Tahap  menyusun  instrumen  berasal  dari  analisis kondisi eksisting, observasi dan dokumentasi sehingga menghasilkan Blockplan Kampus V FKIP UNS Pabelan. Tahap pengumpulan data melalui observasi, studi literatur serta wawancara dengan pendekatan Green Architecture. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data dan triangulasi teori. Tahap analisis data melalui teknik analisis taksonomi yang menghasilkan jenis, tipe dan fasilitas GOR serta perencanaan dan perancangan GOR sehingga menciptakan draft desain GOR Kampus V FKIP UNS. Tahap penilaian dan revisi oleh seorang ahli di bidang perencanaan dan ahli di bidang Green Architecture yang ditunjuk untuk menggambarkan dan menilai serta masukan agar kekuarangan pada desain dapat diperbaiki sehingga desain mengalami penyempurnaan. Penelitian ini berpedoman pada Peraturan Menteri Pemuda Dan Olahraga Republik  Indonesia Nomor  0445 Tahun 2014, Permenkes 2016, Data Arsitek jilid 2, Kementrian pekerjaan umum 2007, Departemen Pekerjaan Umum  2004   dan   SNI   tahun   2001,   SNI   03-3647-1994.   Serta   hasil   analisis perencanaan Tim Skripsi Green  Architecture  berupa  Blockplan  Kampus  V  FKIP UNS Pabelan untuk 5 sampai 20 tahun kedepan.
Hasil penelitian ini menghasilkan desain bangunan Gedung Olahraga Kampus V
FKIP  UNS  Pabelan  dengan  pendekatan  Green  Architecture  yang  terdiri dari  poin hemat energi, menyesuaikan dengan iklim, memperhatikan pengguna, memperhatikan tapak, membatasi sumber daya baru dan holistik. Simpulan   penelitian ini adalah terfasilitasinya sarana untuk olahraga berupa gedung olahraga di Kampus V FKIP UNS  Pabelan  guna  memenuhi  kebutuhan  kegiatan  olahraga  civitas  akademika kampus dan meningkatkan kualitas sarana kampus. perencanaan dan perancangan desain bangunan Gedung Olahraga Kampus V FKIP UNS Pabelan dengan pendekatan Green Architecture dapat menjadi pertimbangan dalam rencana perencanaan gedung olahraga Kampus V FKIP UNS kedepan.

Kata kunci : Gedung Olahraga,Green Architecture

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Chundakus Habsya, MS.Ars.
2. Taufiq Lilo Adi Sucipto, S.T., M.T.
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP