Penulis Utama : Refita Suryani Agustin
NIM / NIP : K1516055
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tahapan penyusunan jadwal mata kuliah praktik di Pendidikan Teknik Bangunan; (2) pelaksanaan jadwal mata kuliah praktik di Pendidikan Teknik Bangunan; dan (3) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan jadwal mata kuliah praktik di Pendidikan Teknik Bangunan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh dari hasil wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini meninjau tiga mata kuliah praktik yaitu praktik baja dan aluminium semester enam tahun ajaran 2018/2019, praktik kayu I semester tiga tahun ajaran 2019/2020, serta desain dan praktik furniture semester enam tahun ajaran 2019/2020. Narasumber dalam penelitian ini meliputi kepala laboratorium, dosen koordinator, dan mahasiswa yang terlibat dalam pembelajaran.
Hasil penelitian ini adalah (1) Penyusunan jadwal praktik dilakukan oleh kepala laboratorium setiap semester. Penyusunan tersebut meliputi pemilihan dosen koordinator, jumlah pembimbing dan mahasiswa praktikan. (2) Pelaksanaan jadwal ditinjau melalui lima komponen yang mempengaruhi jadwal praktik berdasarkan Teaching Factory secara umum sudah terlaksana. Dari komponen waktu pembelajaran dan kompetensi pada mata kuliah sudah tercapai. (3) Komponen yang masih mengalami kendala yaitu perputaran/rotasi belajar yang masih belum berjalan dengan maksimal dan memerlukan pengorganisasian waktu, sarana dan prasarana yang dimiliki belum memenuhi secara kualitas  dan kuantitas, serta pendampingan yang dilakukan masih perlu ditingkatkan pada aspek kompetensi dosen dan kehadiran dosen dalam pelaksanaan praktik.

Kata kunci : Jadwal praktik, Teaching Factory, mata kuliah praktik

 

×
Penulis Utama : Refita Suryani Agustin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1516055
Tahun : 2020
Judul : Pelaksanaan Jadwal Mata Kuliah Praktik Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - K1516055 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Roemintoyo, S.T., M.Pd.
2. Ir. Ida Nugroho Saputro, S.T., M. Eng., IPM.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.