Penulis Utama : Uni Aidita
NIM / NIP : K1516063
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh : (1) tundaan kendaraan terhadap kadar emisi gas karbon monoksida (co) kendaraan; (2) panjang antrian terhadap kadar emisi gas karbon monoksida (co) kendaraan; serta (3) tundaan kendaraan dan panjang antrian terhadap kadar emisi gas karbon monoksida (co) Kendaraan.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua jalan kelas III C di kota Surakarta. Sampel yang terpilih adalah persimpangan jalan Slamet Riyadi Sukoharjo,   jalan   Dr.   Radjiman,   dan   jalan   Joko   Tingkir   dengan   Teknik pengambilan sampel purpose sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan desain studi lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan survey dilapangan mengenai volume kendaraan, perhitungan tundaan kendaran menggunakan dari Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997), kemudian perhitungan konsumsi bahan bakar dan pengeluaran emisi gas karbon monoksida (co) kendaraan menggunakan metode LAPI ITB (1996)
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Tundaan kendaraan berpengaruh terhadap pengeluaran kadar emisi gas karbon monoksida (CO) kendaraan dengan tundaan tertinggi di jalan Slamet Riyadi sebesar sebesar 96,67 meter dan kadar emisi karbon monoksida sebesar 12675 µg/Nm?3;. (2) Panjang antrian  berpengaruh  terhadap  pengeluaran  kadar  emisi  gas  karbon  monoksida (CO) kendaraan dengan panjang antrian tertinggi terjadi di jalan Slamet Riyadi sebesar 65.42 det/smp,  konsumsi bahan bakar sebesar 13,73 liter,   kadar gas karbon monoksida sebesar 12675 µg/Nm?3;. (3) tundaan kendaraan dan panjang antrian  berpengaruh  terhadap  pengeluaran  kadar  emisi  gas  karbon  monoksida (CO)  kendaraan.  Tundaan  kendaraan  tertinggi  terjadi  di  jalan  Slamet  Riyadi, tetapi pengeluaran kadar gas karbon monoksida di jalan Joko Tingkir lebih tinggi dibandingkan ruas jalan lainnya.

Kata Kunci : Tundaan Kendaraan, Panjang Antrian, Karbon Monoksida

 

×
Penulis Utama : Uni Aidita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1516063
Tahun : 2021
Judul : Pengaruh Tundaan Kendaraan dan Panjang Antrian Terhadap Kadar Emisi Gas Karbon Monoksida (Co) Kendaraan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - K1516063 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Eko Supri Murtiono, S.T., M.T
2. Aryanti Nurhidayati, S.T., M.Eng.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.