Penulis Utama : Yurike Delvia Handayani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1516067
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Job Sheet pada Mata Kuliah Praktik di Workshop Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Teknik Bangunan - K1516067 - 2020
Subyek : PENERAPAN, JOB SHEET, WORKSHOP, PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pemahaman tentang job sheet pada mata kuliah praktik di workshop Pendidikan Teknik Bangunan; mengetahui penerapan job sheet pada mata kuliah praktik baja dan alumunium, praktik kayu I, serta praktik desain dan furnitur di Pendidikan Teknik Bangunan; mengetahui peran job sheet pada praktik baja dan alumunium, praktik kayu I, serta praktik desain dan funitur di Pendidikan Teknik Bangunan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data berasal dari informan, job sheet praktik baja dan alumunium, job sheet praktik kayu I, job sheet praktik desain dan furnitur, observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling model snowball sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data dengan menggunakan triangulasi sumber, uji konfirmabilitas, member check. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis interaktif. Prosedur penelitian terdiri dari tahap studi penelitian pada job sheet, tahap persiapan alat yang digunakan saat wawancara, tahap pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi, tahap analisis data terdiri dari reduksi data; penyajian/ display data; dan kesimpulam, tahap kesimpulan berdasarkan pengumpulan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pemahaman mengenai job sheet dikatakan sebagai panduan pelaksanaan praktik (2) Penerapan job sheet pada mata kuliah praktik di Pendidikan Teknik Bangunan dapat dilihat dari kondisi job sheet, penyusunan job sheet, dan penyampaian job sheet yang menyatakan bahwa tidak semua praktik telah menggunakan job sheet (3) Peran job sheet pada praktik baja dan alumunium serta praktik desain dan furnitur dapat membantu dosen pembimbing dan peserta didik dalam melaksanakan kegiatan praktik, sedangkan job sheet praktik kayu I belum terdokumentasikan dengan baik.

Kata kunci : penerapan, job sheet, workshop, Pendidikan Teknik Bangunan

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Roemintoyo, S.T., M.Pd.
2. Ir. Ida Nugroho Saputro, S.T., M. Eng., IPM.
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP