Penulis Utama : Maria Christmastuti Suseno
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2216044
Tahun : 2021
Judul : Direct Written Corrective Feedback on Teaching Writing (A Case Study at English Education Department of State University in Central Java in the Academic Year of 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Bahasa Inggris - K2216044 - 2021
Subyek : FEEDBACK, DIRECT WRITTEN CORRECTIVE FEEDBACK, WRITING, INDICATOR OF WRITING
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dari penelitian ini adalah; (1) untuk mengetahui bagaimana implementasi dari direct written corrective feedback dalam mengajar writing skill; (2) untuk mencari masalah dan solusi dari implementasi direct written corrective feedback dalam mengajar writing skill, dan (3) untuk mengetahui dampak dari direct written corrective feedback dalam writing skill siswa.
Penelitian ini dilakukan di perguruan tinggi negeri di Jawa Tengah. Informan berasal dari guru dan siswa kelas writing di Pendidikan Bahasa Inggris. Dalam metode kualitatif, sumber data dikumpulkan dari informan, peristiwa, dokumen, arsip rekaman, dan dokumen fisik. Data dikumpukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Peneliti menggunakan metode triangulasi data dan persisten obsrvasi untuk memeriksa validitas data. Data kualitatif dianalisis menggunakan model Miles and Huberman. Tahap untuk mengenalisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah; (1) direct written corrective feedback digunakan dalam mengajar writing skill berdasarkan lima indicator writing skill. Indicator yang digunakan yaitu; content, vocabulary, grammar, organization, dan mechanics yang didlakukan diluar kelas menggunakan beberapa teknologi selama pembelajaran online; (2) masalah dalam implementasi dari direct written corrective feedback dalam mengajar writing skill dapat dilihat dalam tulisan siswa berdasarkan indicator dari writing skill. Siswa menyebutkan bahwa adanya kesulitan dalam memilih topic dan diksi yang tepat, merevisi koreksi grammar tanpa penjelasan, dan menyusun paragraph denbgan tepat. Dalam pembelajaran online, aspek geografis juga salah satu kesulitan dalam memberikan feedback karena proses pembelajaran tidak bisa berlangsung secara interaktif. Selanjutnya, permasalahan tersebut dapat diatasi dengan memberikan penjelasan dalam beberapa feedback, melakukan diskusi dengan teman yang lain, mencari informasi terkait dengan feedback di internet, dan mengklarifikasi feedback ke guru. Guru dapat mengatasi masalah dalam pembelajaran online dengan cara mengoperasikan teknologi yang lain agar kelas dapat berjalan secara interaktif. Feedback mempengaruhi revisi dan tulisan siswa selanjutnya; dan (3) dampak dari penerapan direct written corrective feedback dalam tulisan siswa dapat ditemukan dalam kemajuan dalam tulisan siswa. Kemajuan siswa dalam menulis dapat dilihat dari indicator content, vocabulary, grammar, organization, and mechanics dalam revisi siswa dan tulisan siswa selanjutnya.

Kata kunci: Feedback, Direct Written Corrective Feedback, Writing, Indicator Of Writing

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ngadiso, M.Pd.
2. Ellisa Indriyani Putri Handayani S.Pd., M.Hum.
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP