Penulis Utama : Ihsan Ardi Nurohman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2313030
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Professional CS6 pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Terhadap Kemampuan Pengetahuan Ditinjau dari Kecerdasan Beragam (Linguistik, Matematis, dan Visual) Peserta Didik SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Fisika - K2313030 - 2020
Subyek : FISIKA, MEDIA PEMBELAJARAN, ADOBE FLASH, KECERDASAN BERAGAM, KEMAMPUAN PENGETAHUAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya: perbedaan pengaruh penerapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik melalui metode demonstrasi langsung dan metode demonstrasi dengan media pembelajaran berbasis Adobe Flash terhadap kemampuan pengetahuan, perbedaan pengaruh kecenderungan kecerdasan beragam (linguistik, matematis, visual) terhadap kemampuan pengetahuan, dan interaksi antara penerapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik melalui metode demonstrasi langsung dan metode demonstrasi dengan media pembelajaran berbasis Adobe Flash dan kecenderungan kecerdasan beragam (linguistik, matematis, visual) terhadap kemampuan pengetahuan peserta didik.
Metode eksperimen menggunakan desain faktorial 2×3 isi sel tak sama. Dengan teknik cluster random sampling dipilih kelas X-MIA/4 dan X-MIA/5 sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen dari populasi siswa kelas X-MIA SMAN 7 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019. Uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t menghasilkan data keadaan awal kedua sampel normal, homogen dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Teknik pengumpulan data berupa kajian dokumentasi, teknik angket, dan teknik tes. Angket ditujukan untuk mengetahui kecenderungan kecerdasan (linguistik, matematis, visual) peserta didik. Data tes diolah berdasarkan teknik ANAVA dua jalan dengan isi sel tak sama.
Kesimpulan yang didapat adalah: ada perbedaan pengaruh penerapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik melalui metode demonstrasi langsung dan metode demonstrasi dengan media pembelajaran berbasis Adobe Flash terhadap kemampuan pengetahuan, ada perbedaan pengaruh kecenderungan kecerdasan beragam (linguistik, matematis, visual) terhadap kemampuan pengetahuan dan tidak ada interaksi antara penerapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik melalui metode demonstrasi langsung dan metode demonstrasi dengan media pembelajaran berbasis Adobe Flash dan kecenderungan kecerdasan beragam (linguistik, matematis, visual) terhadap kemampuan pengetahuan peserta didik.


Kata Kunci: fisika, media pembelajaran, Adobe Flash, kecerdasan beragam, kemampuan pengetahuan

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Widha Sunarno, M.Pd.
2. Ahmad Fauzi, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP