Penulis Utama : Achsanul Fiqri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2315001
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Komik Berbasis Nilai Karakter Sebagai Media Pembelajaran Fisika pada Materi Gerak Parabola untuk Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Fisika - K2315001 - 2020
Subyek : KOMIK, KARAKTER, MEDIA PEMBELAJARAN, FISIKA, GERAK PARABOLA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan (1) Menjelaskan cara mengembangkan komik berbasis nilai karakter sebagai media pembelajaran fisika pada materi gerak parabola. (2) Menjelaskan spesifikasi komik berbasis nilai karakter sebagai media pembelajaran fisika pada materi gerak parabola. (3) Mengetahui komik berbasis nilai karakter sebagai media pembelajaran Fisika yang dikembangkan dapat meningkatkan nilai karakter peserta didik atau tidak.
Pengembangan media dilakukan dengan menggunakan model 4D diantaranya tahap define, design, develop, dan disseminate. Pada tahap define terdiri dari analisis kebutuhan, siswa, analisis tugas, analisis konsep dan perumusan tujuan. Pada tahap design terdiri dari penyusunan tes acuan patokan, pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal. Pada tahap develop terdiri dari validasi media dan uji coba media. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, angket, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan telah divalidasi oleh dosen ahli. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil validasi dosen ahli materi dan ahli media, 3 guru SMA sebagai reviewer, 12 siswa pada uji coba coba awal, dan 36 siswa pada uji coba utama pada kelas X yang berasal dari 3 sekolah yang sama. Teknik analisis data kualitatif yang digunakan yakni model interaktif Miles dan Huberman, sedangkan data kuantitaif menggunakan penilaian penskoran standar dari Saifudin Azwar yang dikelompokkan dalam lima kategori.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Pengembangan media pada pada tahap define diperoleh produk yang sesuai untuk dikembangkan sebagai media pembelajaran adalah komik berbasis nilai karakter. Tahap design diperoleh tes acuan patokan, format media, dan rancangan awal media berupa komik berbasis nilai karakter. Pada tahap develop diperoleh hasil validasi dan revisi berdasarkan komentar dan saran ahli dan reviewer, kemudian dilakukan uji coba awal  dan uji coba utama pada peserta didik. Berdasarkan hasil saran dan komentar pada uji coba, media direvisi dan dihasilkan produk akhir berupa komik berbasis nilai karakter pada materi Gerak Parabola untuk siswa SMA kelas X. (2) Produk akhir dari penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran komik fisika berbasis nilai karakter tentang gerak parabola dalam bentuk buku (hardfile) yang memenuhi kriteria sangat baik. Dibuktikan hasil validasi oleh ahli, reviewer, dan peserta didik. (3) Media pembelajaran komik berbasis nilai karakter hasil pengembangan dapat meningkatkan nilai karakter peserta didik, dibuktikan adanya peningkatan tiap nilai karakter yang beragam pada peserta didik.

Kata kunci : Komik, Karakter, Media Pembelajaran, Fisika, Gerak Parabola

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ahmad Fauzi, S.Pd., M.Pd.
2. Sukarmin, S.Pd., M.Si., Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP