Penulis Utama : Siwi Prakasita Rukmi
NIM / NIP : K2315059
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan tahapan proses pengembangan media pembelajaran EBOP (Explosions Box of Physics) pada materi Gerak Parabola untuk peserta didik kelas X SMA, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran EBOP (Explosions Box of Physics) pada materi Gerak Parabola untuk siswa kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan, yaitu berdasarkan pada model pengembangan ADDIE. Prosedur pengembangan media pembelajaran yang dilakukan hanya sampai pada tahap ketiga dari lima tahapan yaitu (1) analysis, (2) design dan (3) development. Data yang diperoleh yaitu dari data kualitatif yang didukung oleh data kuantitaif dari angket. Sumber data terdiri dari 2 orang ahli, 3 orang guru Fisika SMA dan siswa. Banyaknya siswa yaitu 3 orang siswa pada uji coba satu-satu (one to one), 9 orang siswa pada uji coba kelompok kecil dan 103 orang siswa pada uji coba lapangan. Semua uji coba dilakukan pada 3 sekolah yang berbeda yakni SMA N 2 Surakarta, SMA N 5 Surakarta, dan SMA N 8 Surakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif.
Simpulan dari penelitian pengembangan media pembelajaran EBOP (Explosions Box of Physics) pada materi Gerak Parabola untuk peserta didik kelas X SMA  mempunyai tahapan sebagai berikut: (1) tahap persiapan dengan menyusun materi serta penentuan aplikasi yang akan digunakan untuk mendesain, (2) tahap pembuatan konten EBOP  dengan menggunakan aplikasi Corel Draw X7 yang kemudian dicetak dan disusun membentuk kotak yang di dalamnya terdapat kejutan dalam amplop pada EBOP (3) tahap penyelesaian dengan melakukan validasi ahli dan revisi sesuai saran serta masukan dari ahli, (4) pengujian EBOP pembelajaran Fisika kepada siswa serta melakukan revisi sesuai saran serta masukan dari siswa. Pengembangan media pembelajaran EBOP (Explosions Box of Physics) pada materi Gerak Parabola untuk peserta didik kelas X SMA  dinilai layak untuk digunakan dengan kriteria sangat baik dari segi materi, tampilan, serta bahasa berdasarkan hasil validasi ahli, hasil uji coba satu-satu (one to one), uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan.


Kata kunci: Media Pembelajaran Fisika, Explosions Box, Gerak Parabola

 

×
Penulis Utama : Siwi Prakasita Rukmi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2315059
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran EBOP (Explosions Box of Physics) pada Materi Gerak Parabola untuk Peserta Didik Kelas X SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Fisika - K2315059 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Daru Wahyuningsih, S.Si., M.Pd.
2. Elvin Yusliana Ekawati, S.Pd. M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.