Penulis Utama : Anandya Pramesti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2316003
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Didukung Modul LCDS Melalui Model PBL pada Materi Usaha dan Energi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Fisika - K2316003 - 2021
Subyek : PERANGKAT PEMBELAJARAN, LCDS, HUKUM NEWTON.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan tahapan proses pengembangan perangkat pembelajaran fisika didukung modul LCDS melalui model PBL pada materi Usaha dan Energi yang memenuhi kriteria baik; (2) mendeskripsikan spesifikasi perangkat pembelajaran fisika didukung modul LCDS melalui model PBL pada materi Usaha dan Energi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan, yaitu berdasarkan pada model pengembangan ADDIE. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran yang dilakukan hanya sampai pada tahap ketiga dari lima tahapan yaitu (1) analysis; (2) design; (3) development. Data yang diperoleh yaitu data kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif. Sumber data berasal dari 2 orang ahli, 3 orang guru Fisika SMA, 3 orang teman sejawat, dan 112 orang siswa. Semua guru dan siswa berasal dari 3 sekolah yang berbeda yaitu SMA Negeri 1 Surakarta, SMA Negeri 6 Surakarta, dan SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Sedangkan teman sejawat terdiri dari 3 orang tim penelitian pengembangan perangkat pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) tahapan pengembangan perangkat pembelajaran meliputi: (a) tahap analisis berupa analisis kebutuhan yang ada dalam proses pembelajaran dengan berbagai permasalahan yang dihadapi selama proses pembelajaran; (b) tahap desain berupa pembuatan rancangan perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian; (c) tahap pengembangan yaitu dilakukan proses validasi, uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. (2) Spesifikasi produk dari perangkat permbelajaran yang telah dikembangkan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran memuat beberapa indikator yang bertujuan untuk membelajarkan konsep Usaha dan Energi menggunakan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran problem based learning (PBL).  Langkah-langkah pembelajaran model PBL disesuaikan dengan modul LCDS untuk materi Usaha dan Energi. RPP memuat metode diskusi informasi untuk sub materi Usaha, diskusi TI untuk sub materi Energi Kinetik dan Hukum Kekekalan Energi Mekanik, serta eksperimen untuk sub materi Energi Potensial. Terdapat empat LKS untuk pembelajaran materi Usaha dan Energi yaitu LKS Usaha, LKS Energi Kinetik, LKS Energi Potensial, dan LKS Energi Mekanik. Adapun instrument kognitif berupa kisi-kisi dan soal evaluasi materi Usaha dan Energi yang disusun dengan dua siklus yaitu siklus pertama untuk evaluasi sub mteri usaha, energi kinetic, dan energi potensial, serta siklus kedua untuk sub materi energi mekanik dan daya.

Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, LCDS, Hukum Newton.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Pujayanto, M.Si.
2. Dra. Rini Budiharti, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP