Penulis Utama : Honesty Hidayah Nur Permatasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2316024
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada Materi Gerak Lurus Kelas X SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Fisika - K2316024 - 2021
Subyek : PERANGKAT PEMBELAJARAN, PENELITIAN PENGEMBANGAN (RD), INKUIRI TERBIMBING, GERAK LURUS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menyusun perangkat pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi Gerak Lurus kelas X SMA yang baik digunakan. (2) Mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi Gerak Lurus kelas X SMA yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research & Development (R&D). Model penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation). Prosedur yang dilakukan pada penelitian ini hanya sampai tiga tahapan yaitu : (1) Analysis, (2) Design, (3) Development. Produk penelitian ini divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, serta mendapatkan penilaian dari peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Boyolali. Data yang diperoleh dari penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Produk yang dihasilkan dari penelitian pengembangan ini yaitu perangkat pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi gerak lurus kelas X SMA.
Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini yaitu: (1) Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi Gerak Lurus kelas X SMA telah berhasil dikembangkan dengan tahapan: analisis kebutuhan produk, pengembangan produk berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), validasi produk oleh ahli dan guru, revisi berdasarkan komentar dan saran dari ahli dan guru, dan yang terakhir adalah penilaian dari angket penilaian LKPD oleh peserta didik. (2) Perangkat pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing (guided inquiry) yang dikembangkan pada materi Gerak Lurus kelas X SMA berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) telah memenuhi kriteria sangat valid dengan skor penilaian oleh ahli materi yaitu 135 dengan kriteria sangat valid untuk RPP dan 80,5 dengan kriteria sangat valid untuk LKPD, skor dari ahli media yaitu 101 dengan kriteria sangat valid untuk LKPD, dan skor dari peserta didik 63,15 dengan kriteria sangat valid untuk penilaian LKPD sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran (RPP dan LKPD) materi Gerak Lurus untuk kelas X SMA layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Penelitian Pengembangan (R&D), Inkuiri Terbimbing, Gerak Lurus

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Budiawanti, S.Si., M.Si.
2. Dr. Daru Wahyuningsih, S.Si., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP