Penulis Utama : Sinta Pramudya Wardhani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2316056
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas XI MIPA 4 pada Materi Termodinamika di SMA Negeri 4 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Fisika - K2316056 - 2020
Subyek : PTK, TTW (TINK, TALK, AND WRITE), KEAKTIFAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI MIPA 4 pada materi Termodinamika melalui penerapan Model Pembelajaran TTW (Think, Talk, and Write) di SMA Negeri 4 Surakarta tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, dan model kolaboratif yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 4 Surakarta tahun ajaran 2019/2020  yang berjumlah 31 siswa, dan objek penelitian adalah keaktifan belajar siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, angket dan wawancara. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran TTW dapat meningkatkan keaktifan siswa dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada saat prasiklus masih bersifat teacher-centered sehingga keaktifan siswa masih rendah. Peningkatan yang terjadi dapat dilihat dari siklus I dimana pada tiap aspek kriteria keaktifan masih tergolong rendah kemudian pada siklus II terjadi peningkatan dimana 4 aspek keaktifan siswa tergolong tinggi dan 3 aspek keaktifan siswa tergolong sedang. Selain hal tersebut rata-rata pada saat prasiklus hingga siklus II mengalami peningkatan, dimana pada prasiklus rata-rata keaktifan sebesar 14,73%, pada siklus I sebesar 50,45?n pada siklus II sebesar 78,02% pada siklus II ini telah melebihi 75%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran TTW (Think, Talk, and Write) dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 4 Surakarta tahun ajaran 2019/2020 pada materi Termodinamika.

Kata kunci:  PTK, TTW (Tink, Talk, and Write), Keaktifan

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dwi Teguh Rahardjo, S.Si., M.Si.
2. Ahmad Fauzi, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP