Penulis Utama : Hefin Hidayah Tulloh
NIM / NIP : K2516031
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan variasi desain tiga cabang dan dua cabang pipa kondensor shell and tube terhadap kuantitas hasil bio-oil; (2) pengaruh penggunaan variasi arah aliran fluida media pendingin searah dan berlawanan arah terhadap kuantitas hasil bio-oil; (3) penggunaan interaksi variasi desain tiga cabang pipa dan variasi arah aliran fluida media pendingin berlawanan arah terhadap hasil bio-oil.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, deskriptif, komparatif, dengan metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan di laboratorium Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret dan pengujian destilasi di workshop Yandi Teknik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode studi eksperimental. Pengujian dilakukan dengan durasi waktu 25 menit pada masing-masing pengujian variasi penelitian. Bio-oil yang diperoleh melalui proses pirolisis cepat pada reaktor model continuous, kemudian dilakukan pemurnian dengan metode destilasi.
Hasil pengujian menggunakan variasi desain tiga cabang pipa menghasilkan kuantitas terbanyak dengan hasil kuantitas bio-oil sebanyak 202,5 mL pada arah aliran fluida pendingin berlawanan arah dengan laju perpindahan panas sebesar 1.632,49 W, dan 185,5 mL pada arah aliran fluida pendingin searah dengan laju perpindahan panas 1.536,66 W. Hasil pengujian variasi desain pipa menunjukkan bahwa variasi desain tiga cabang pipa paling efektif dalam penggunaannya. Hasil pengujian variasi arah aliran fluida pendingin berlawanan arah menunjukkan hasil yang paling optimal dengan menghasilkan 202,5 mL pada variasi tiga cabang pipa dengan laju perpindahan panas sebesar 17.057,49 W, dan 179,5 mL pada variasi dua cabang pipa kondensor dengan laju perpindahan panas 14.973 W. Hasil pengujian arah aliran fluida pendingin menunjukkan variasi arah aliran fluida pendingin berlawanan arah lebih optimal dalam penggunaannya. Pada pengujian interaksi antar variabel, penggunaan variasi desain tiga cabang pipa dengan variasi arah aliran fluida pendingin berlawanan arah paling optimal dalam menghasilkan kuantitas bio-oil, dengan hasil kuantitas bio-oil sebanyak 202,5 mL.  

Kata kunci: Pirolisis, kondensor shell and tube, bio-oil limbah aren, aliran fluida pendingin searah dan berlawanan arah.

 

×
Penulis Utama : Hefin Hidayah Tulloh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2516031
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Design Pipa dan Arah Aliran Fluida Pendingin pada Kondensor Shell and Tube Terhadap Kuantitas Bio-Oil Hasil Pirolisis Cepat Rdf Limbah Aren Menggunakan Reaktor Horizontal Model Continuous
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Teknik Mesin - K2516031 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ranto, M.T.
2. Dr. Eng. Herman Saputro, M.Pd.,M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.