Penulis Utama : Atri Diah Irfani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3116011
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Panduan Peningkatan Keterampilan Menjaga Pertemanan Melalui Teknik Johari Window pada Peserta Didik SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Bimbingan dan Konseling - K3116011 - 2021
Subyek : KETERAMPILAN MENJAGA PERTEMANAN, TEKNIK JOHARI WINDOW
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan prototipe- 1 berupa buku panduan dan lembar kerja peserta didik yang memuat kurikulum formal dan kurikulum instruksional peningkatan keterampilan menjaga pertemanan pada peserta didik SMP yang siap untuk diuji validitas, uji keefektifan, dan uji kepraktisannya.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan. Pada desain penelitian dan pengembangan terdapat tiga tahap yaitu (1) tahap pembuatan produk; (2) tahap uji validitas dan uji kepraktisan; dan (3) uji keefektifan. Penelitian ini hanya sampai pada tahap 1 dengan melakukan kajian empirik dan kajian teoritik. Subjek penelitian ini sesuai dengan studi eksplorasi yang dilakukan oleh Legowo, dkk (2018) yang meliputi peserta didik, orang tua peserta didik, dan guru BK di eks- Karesidenan Surakarta. Data yang diperoleh berupa presentase tingkat kebutuhan dan kepentingan pengembangan layanan bimbingan dan konseling, hasil wawancara dengan guru  BK,  hasil analisis dokumen program bimbingan dan konseling, dan hasil studi literature tentang keterampilan menjaga pertemanan dan teknik johari window.
Hasil penelitian terbagi menjadi tiga, yaitu: pertama, kajian empirik yang didapatkan dari hasil analisis Daftar Cek Masalah (DCM) dengan responden 32 peserta didik memiliki hasil sebanyak 9 peserta didik (28%) merasa canggung dalam pergaulan dan 10 peserta didik (31%) merasa sulit memulai pembicaraan. Hasil tersebut diperkuat dengan hasil penelitian tingkat kebutuhan dan kepentingan yang dilakukan oleh Legowo, dkk diperoleh dari 2416 responden memiliki hasil sebanyak 2300 responden (95,19%) membutuhkan, dan 2305 responden (95,41%) menganggap penting terhadap pengembangan kemampuan membuat dan menjaga pertemanan dan persahabatan. Kedua, kajian teoritik mengenai keterampilan menjaga pertemanan, teknik johari window, dan teori pengembangan dan kriteria kualitas produk meliputi: pengertian keterampilan menjaga pertemanan, karakteristik pertemanan, faktor yang mempengaruhi pertemanan, peengertian teknik johari window, akar teori teknik johari window, langkah- langkah teknik johari window, teori pengembangan produk, dan kriteria kualitas produk. Ketiga, penelitian ini menghasilkan prototipe- 1 berupa Panduan Peningkatan Keterampilan Menjaga Pertemanan melalui Teknik Johari Window pada Peserta Didik SMP.
Hasil prototipe- 1 tersebut memuat buku panduan dan lembar kerja peserta didik yang siap untuk dilakukan uji validitas, uji kepraktisan, dan uji keefektifannya pada penelitian dan pengembangan berikutnya.

Kata kunci: Keterampilan Menjaga Pertemanan, Teknik Johari

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Edy Legowo, M.Pd.
2. Prof. Dr. H. Asrowi, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP