Penulis Utama : Dewi Ayuningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3116016
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Panduan Pelaksanaan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar pada Siswa SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Bimbingan dan Konseling - K3116016 - 2020
Subyek : KEDISIPLINAN BELAJAR, TEKNIK SELF MANAGEMENT, SISWA SMP
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan prototipe-1 Panduan Pelaksanaan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar pada Siswa SMP berdasarkan dari kajian empirik dan teoritik yang selanjutnya siap untuk dilakukan uji validitas,kepraktisan, dan keefektifannya.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model Borg & Gall. Penelitian ini dilaksanakan  hanya sampai pada tahap ketiga saja yaitu pengembangan panduan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan Guru BK. Sumber data yang didapatkan pada penelitian ini berasal dari siswa dan Guru BK. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan dilakukan terhadap kedisiplinan belajar siswa dan melalui angket yang disebarkan kepada tiga guru BK tingkat SMP untuk mengetahui kebutuhan guru BK terhadap panduan pelaksanaan teknik self management untuk meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa SMP. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis data deskriptif dan analisis data produk.
Hasil penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa prototipe-1 Panduan Pelaksanaan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar pada Siswa SMP yang siap untuk dilakukan uji validitas, kepraktisam, dan keefektifannya. Produk yang dihasilkan terdiri dari Buku Panduan dan Lembar Kerja Siswa. Penyusunan produk ini dilakukan dengan mempertimbangkan kriteria kurikulum berkualitas, dalam penelitian ini prototipe-1 yang dihasilkan ini hanya memenuhi tiga kriteria kurikulum berkualitas yaitu: (1) kurikulum ideal; (2) kurikulum formal;dan (3) kurikulum perceived, sedangkan (4) kurilukum operational; (5) kurikulum experimental;  dan (6) kurikulum learned akan dilaksanakan pada penelitian yang selanjutnya.
Penelitian ini menghasilkan produk prototipe-1 yang berupa buku panduan dan juga Lembar Kerja Siswa. Partisipasi dari peneliti selanjutnya sangat dibutuhkan untuk melakukan penelitian lanjutan sehingga produk yang dihasilkan ini menjadi suatu produk yang berkualitas sesuai dengan representasi kurikulum berkualitas.


Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar, Teknik Self Management, Siswa SMP

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah DEWI AYUNINGTYAS-dikonversi-dikonversi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ma’rifatin Indah Kholili, S.Pd, M.Pd
2. Citra Tectona Suryawati, S.Pd.,M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP