Penulis Utama : Fera Wati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3116025
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Panduan Konseling Singkat Berfokus Solusi untuk Mereduksi School Burnout pada Siswa SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Bimbingan dan Konseling - K3116025 - 2021
Subyek : PANDUAN, SCHOOL BURNOUT, KONSELING SINGKAT BERFOKUS SOLUSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan prototipe Panduan Konseling Singkat Berfokus Solusi untuk Mereduksi School Burnout Pada Siswa SMP yang siap di uji validitas, kepraktisan, dan keefektifannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) menurut Plomp dan Nieveen (2013) dengan tiga tahapan yaitu preliminary research, development or prototyping, and assessment phase. Penelitian dan pengembangan ini akan dilakukan sampai pada tahap development or prototyping.
Tahap preliminary research dilakukan kajian empirik melalui skala school burnout, angket kebutuhan dan kepentingan panduan, wawancara guru mata pelajaran dan guru BK dari tiga SMP di Surakarta dan kajian teoritik mengenai school burnout dan konseling singkat berfokus solusi. Tahap development or prototyping dilakukan dengan menyusun Panduan dan Lembar Kerja Siswa (LKS).
Hasil skala school burnout yang diberikan kepada siswa bahwa terdapat 1 siswa yang masuk dalam kategori school burnout sangat tinggi, 5 dalam kategori tinggi (1%). Kemudian survei melalui angket kebutuhan dan kepentingan panduan diketahui bahwa 89,3% guru menyatakan panduan ini sangat penting dan sangat dibutuhkan. Sedangkan 89,3% menyatakan panduan ini penting dan dibutuhkan untuk mempermudah guru dalam memberikan layanan konseling di sekolah. Hasil kajian teoritik yaitu kajian mengenai pengertian burnout, pengertian school burnout, dimensi school burnout, faktor penyebab school burnout, karakteristik school burnout, dampak school burnout, hakikat konseling singkat berfokus solusi, prinsip konseling singkat berfokus solusi, hubungan konselor dan konseli, teknik konseling singkat berfokus solusi, dan langkah-langkah konseling singkat berfokus solusi. Selanjutnya, tahap development or prototyping. yang menghasilkan dua produk yaitu (1) Panduan dan (2) Lembar Kerja Siswa (LKS) yang siap diuji validitas, kepraktisan, dan keefektifan.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat kebutuhan untuk mereduksi school burnout serta terdapat kebutuhan dan kepentingan akan panduan konseling singkat berfokus solusi untuk mereduksi school burnout pada siswa SMP. Produk Panduan Konseling Singkat Berfokus Solusi untuk Mereduksi School Burnout Pada Siswa SMP dapat digunakan sebagai pedoman dalam mereduksi school burnout siswa setelah melalui uji validitas, uji kepraktisan, dan keefektifan.


Kata kunci: Panduan, School Burnout, Konseling Singkat Berfokus Solusi

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ribut Purwaningrum, M.Pd.
2. Adi Dewantoro, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP