Penulis Utama : Ichi Risma Wijayanti
NIM / NIP : K3116032
×

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototipe-1 produk pendidikan berupa buku panduan yang dilengkapi dengan lembar kerja peserta didik. Buku panduan tersebut berisi kurikulum formal dan kurikulum instruksional peningkatan keterampilan mengelola waktu dalam tugas belajar dengan teknik modeling pada peserta didik SMP yang siap untuk dilakukan uji validitas, uji keefektifan dan uji kepraktisan.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (research and development) yang melalui tiga langkah yaitu (1) pengumpulan informasi, (2) perencanaan produk dan (3) pembuatan produk berupa prototipe-1. Studi eksplorasi dalam penelitian dan pengembangan ini melibatkan guru BK sebagai narasumber wawancara dan memanfaatkan data dokumentasi penelitian terdahulu yang melibatkan sejumlah subjek yaitu peserta didik, orang tua dan guru BK dengan didukung data lapangan. Data lapangan yang didapat berupa hasil wawancara dengan guru BK, analisis dokumen program layanan BK dan hasil kajian teoritik tentang keterampilan mengelola waktu dalam tugas belajar dan teknik modeling.
Hasil dari penelitian ini yaitu: Pertama, studi pendahuluan didapatkan data dari wawancara dan penelitian terdahulu mengenai tingkat kebutuhan dan kepentingan peserta didik khususnya mengelola waktu dalam tugas belajar adalah penting dan dibutuhkan. Spesifiknya dari analisis dokumen penelitian terdahulu yang melibatkan 2416 responden memiliki hasil presentase 61,47% sangat dibutuhkan, 36,30% dibutuhkan, 61,12% sangat penting dan 35,86% penting terhadap item pengembangan keterampilan mengatur/mengelola waktu dan tugas belajar. Kedua, kajian pustaka mengenai keterampilan mengelola waktu dalam tugas belajar, teknik modeling, teori pengembangan produk dan kriteria produk yang berkualitas. Ketiga, penelitian ini menghasilkan prototipe-1 produk panduan peningkatan keterampilan mengelola waktu dalam tugas belajar dengan teknik modeling pada peserta didik SMP.
Prototipe-1 yang dihasilkan pada penelitian dan pengembangan ini perlu dilakukan uji validitas, uji kepraktisan dan uji keefektifan untuk disebarluaskan di lapangan.

Kata Kunci: buku panduan, keterampilan mengelola waktu, teknik modeling, peserta didik SMP.

 

×
Penulis Utama : Ichi Risma Wijayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3116032
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Panduan Peningkatan Keterampilan Megelola Waktu dalam Tugas Belajar dengan Teknik Modeling pada Peserta Didik SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Bimbingan dan Konseling - K3116032 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Edy Legowo, M.Pd.
2. Adi Dewantoro, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.