Penulis Utama : Kevin Setiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3116035
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Panduan Bibliokonseling untuk Meningkatkan Self Esteem pada Peserta Didik Sekolah Menengah Atas (SMA) di Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Bimbingan dan Konseling - K3116035 - 2020
Subyek : BIBLIOKONSELING, SELF ESTEEM, PESERTA DIDIK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk yang memenuhi kriteria relevansi, yaitu  Pengembangan Panduan Bibliokonseling untuk Meningkatkan Self    Esteem pada Peserta Didik Sekolah Menengah Atas (SMA) di Karanganyar berdasarkan hasil kajian empirik dan kajian teoritik yang siap memenuhi kriteria konsistensi, kepraktisan dan keefektifannya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan menurut Plomp & Nieveen, yang membagi 3 tahapan yaitu Preliminary research atau preliminary investigation, Development or prototyping phase, Assessment phase atau implementation. Pada penelitian ini dilakukan sampai tahap Preliminary research yang menghasilkan produk yang memenuhi kriteria relevansi. Pengembangan produk berdasarkan hasil analisis studi pendahuluan melalui angket dan wawancara.
Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah sebagai berikut. Pertama, kajian empirik yang menunjukkan bahwa tingkat self esteem pada peserta didik SMA di Karanganyar adalah 53,8% atau 121 peserta didik memiliki tingkat self esteem rendah; 40,8% atau 92 peserta didik memiliki tingkat self esteem sedang; dan 5,4% atau 12 peserta didik memiliki tingkat self esteem tinggi. Kedua, kajian teoritik yang didapat melalui studi kepustakaan yaitu pengertian, faktor-faktor, aspek-aspek, karakteristik self esteem. Kemudian pengertian, tujuan, langkah-langkah layanan bibliokonseling. Peneliti juga melakukan tinjauan literatur guna memilih bahan bacaan yang disesuaikan dengan aspek dalam self esteem.
Berdasarkan kajian empirik dan teoritik di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa, panduan bibliokonseling dihasilkan untuk memenuhi kriteria relevansi dan siap memenuhi kriteria konsistensi, kepraktisan dan keefektifannya. Panduan tersebut terdiri dari dua buku, yaitu (1) Buku Panduan dan (2) Lembar Kerja. Saran dari penelitian ini adalah diharapkan untuk peneliti selanjutnya untuk melanjutkan penelitian dan pengembangan bibliokonseling untuk meningkatkan self esteem hingga memenuhi kriteria konsistensi, kepraktisan dan keefektifannya agar produk dapat digunakan untuk meningkatkan tingkat self esteem pada peserta didik SMA di Karanganyar.

Kata Kunci: Bibliokonseling, Self Esteem, Peserta Didik

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agus Tri Susilo, M. Pd.
2. Citra Tectona Suryawati, S.Pd.,M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP