Penulis Utama : Lolita Anggraeni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3116038
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Panduan Peningkatan Penerimaan Diri Melalui Teknik Scaling Questions pada Peserta Didik SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Bimbingan dan Konseling - K3116038 - 2021
Subyek : PANDUAN, LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK, PENERIMAAN DIRI, TEKNIK SCALING QUESTIONS.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa prototipe-1 panduan dan lembar kerja peserta didik (LKPD) untuk meningkatkan penerimaan diri melalui teknik scaling questions yang telah siap untuk diuji validitas, kepraktisan, dan keefektifannya.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (R&D). Desain penelitian dan pengembangan ini terdapat dua tahap utama, yaitu tahap pra-pengembangan dan tahap pengembangan. Tahap pra-pengembangan meliputi survei dan pengumpulan data awal, perencanaan produk panduan, dan pembuatan produk panduan. Tahap pengembangan meliputi uji validitas, kepraktisan, keefektifan, uji coba lapangan operasional, penyusunan produk akhir, diseminasi dan implementasi panduan. Penelitian ini dilakukan hanya sampai tahap pra-pengembangan, yaitu dengan melakukan kajian empirik dan kajian teoritik. Kajian empirik dilakukan dengan menganalisis dokumen hasil penelitian mengenai tingkat kebutuhan dan tingkat kepentingan layanan pengembangan bidang pribadi-sosial, akademik, karier, dan spiritual, wawancara kepada guru BK, dan analisis dokumen program BK. Kajian teoritik dilakukan dengan mengkaji mengenai penerimaan diri dan teknik scaling questions.
Hasil penelitian pada tahap pra-pengembangan dibagi menjadi tiga, yaitu: (1) kajian empirik didapatkan data tingkat kebutuhan dan kepentingan peserta didik yang diperoleh dari 2416 responden, 1094 orang responden (45,32%) memilih sangat dibutuhkan, 1058 orang responden (43,83%) memilih dibutuhkan, 1143 orang responden (47,31%) memilih sangat penting, dan 992 orang responden (41,06%) memilih penting untuk dilakukan layanan peningkatan penerimaan diri, hasil wawancara menunjukkan masih terdapat peserta didik dengan penerimaan diri rendah, serta hasil analisis dokumen program di empat SMP yang berbeda menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan untuk meningkatkan penerimaan diri baru dilaksanakan di salah satu sekolah saja, yaitu SMP Muhammadiyah 1 Surakarta; (2) kajian teoritik mengenai penerimaan diri, teknik scaling questions, teori pengembangan produk, dan kriteria kualitas produk, meliputi: pengertian penerimaan diri, ciri-ciri penerimaan diri, aspek-aspek penerimaan diri, faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan diri, pengertian dan akar teori teknik scaling questions, dan langkah mengimplementasikan teknik scaling questions; (3) penelitian ini menghasilkan produk prototipe-1 berupa “Panduan Peningkatan Penerimaan Diri melalui Teknik Scaling Questions pada Peserta Didik SMP” yang siap dilakukan uji validitas, kepraktisan, dan keefektifan oleh peneliti selanjutnya.

Kata Kunci: Panduan, Lembar Kerja Peserta Didik, Penerimaan Diri, Teknik Scaling Questions.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Edy Legowo, M.Pd.
2. Dr. Naharus Surur, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP