Penulis Utama : Mita Kurniawati Wijaya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3116042
Tahun : 2021
Judul : Prokrastinasi Akademik Ditinjau dari Jenis Kelamin Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kebakkramat
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Bimbingan dan Konseling - K3116042 - 2021
Subyek : PROKRASTINASI AKADEMIK, JENIS KELAMIN, KONSELING REALITA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Prokrastinasi akademik merupakan suatu permaslahan yang terjadi dikalangan siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menguji perbedaan prokrastinasi akademik yang ditinjau dari jenis kelamin siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kebakkramat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan desain komparatif. Subjek pada penelitian ini kelas VIII sebanyak 65 siswa perempuan dan 62 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket prokrastinasi akademik yang dikembangkan oleh peneliti sendiri. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis deskriptif dan Independent sample T-test.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui dari 101 peserta didik memiliki tingkat prokrastinasi akademik sedang.  Selain itu diperoleh hasil bahwa dari empat aspek yang diteliti yaitu aspek penunda untuk memulai maupun menyelesaikan tugas akademik klasifikasi sedang, aspek kelambatan dan keterlambatan dalam mengerjakan tugas akademik klasifikasi sedang, aspek kesenjangan waktu antara rencana dengan kinerja actual klasifikasi sedang, aspek melakukan aktivitas lain yang lebih menyenangkan daripada melakukan tugas akademik yang harus dikerjakan klasifikasi sedang.  Hasil uji beda independent sampele t-test nilai sig (2-tailed) 0,285 > 0,05 yang artinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara laki-laki dan perempuan maka hipotesis ditolak. Hasil tersebut didapat dari  hasil analisis angket yang telah disebarkan kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kebakkramat.  
Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kebakkramat memiliki klasifikasi prokrastinasi akademik sedang dan hipotesis penelitian ini ditolak karena tidak ada perbedaan yang signifikan prokrastinasi akademik berdasarkan jenis kelamin Berdasarkan hasil penelitian tersebut, direkomendasikan agar peneliti selanjutnya menggunakan Konseling Realita merupakan sebuah terapi yang menekankan rasa tanggung jawab yang tinggi yang dimiliki siswa untuk menentukan planning yang akan ditentukan pada perencanaan hidup. untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kebakkramat.   

Kata Kunci : Prokrastinasi akademik, jenis kelamin, konseling realita

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rian Rokhmad Hidayat, M.Pd.
2. Citra Tectona Suryawati, S.Pd.,M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP