Penulis Utama : Yessi Andayani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3116070
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Panduan Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Mereduksi Kejenuhan Belajar Peserta Didik SMP di Kartasura
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Bimbingan dan Konseling - K3116070 - 2021
Subyek : PANDUAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF, KEJENUHAN BELAJAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan Panduan Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Mereduksi Kejenuhan Belajar Peserta Didik SMP di Kartasura siap diuji validitas, kepraktisan, dan keefektifannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) menurut Plomp (2013), yang dibagi menjadi tiga tahap yaitu Preliminary research, Development or Prototyping Phase dan Assesment phase. Penelitian dan pengembangan ini hanya menggunakan dua tahap yaitu preliminary research dan development or prototyping phase.
Pertama, tahap preliminary research peneliti melakukan studi pendahuluan yang dilakukan melalui angket Daftar Cek Masalah (DCM), wawancara 3 Guru BK dan 3 Peserta Didik SMP di Kartasura. Hasilnya angket DCM yang diberikan kepada peserta didik, terdapat 5 item tertinggi yaitu sulit memahami pelajaran 53,1 %, sering terlambat mengumpulkan tugas 45, 6 %, banyak kegiatan yang lebih menarik dari pada belajar 43, 1 %, sering berbicara sendiri pada saat guru menerangkan 39, 3 %, dan malas mencatat 36, 8 %.
Selain melakukan studi pendahuluan, peneliti melakukan studi literatur melalui buku dan jurnal yang terkait dengan variabel penelitian yaitu pengertian, aspek-aspek, dampak, faktor penyebab kejenuhan belajar, pengertian konseling individu, tahapan konseling individu, pengertian teknik restrukturisasi kognitif, tujuan, dan langkah-langkah teknik restrukturisasi kognitif, pengertian konseling individu teknik restrukturisasi kognitif. Berdasarkan studi pendahuluan dan studi literatur di atas dapat disimpulkan bahwa perlu dikembangkan Panduan Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Mereduksi Kejenuhan Belajar Peserta Didik SMP di Kartasura yang siap untuk diuji validitas, kepraktisan, dan keefektifan.
Kedua, tahap development or prototyping phase yaitu tahap penyusunan produk. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan 2 produk yaitu (1) Panduan, dan (2) Lembar Kerja Peserta Didik. Peneliti merekomendasikan untuk peneliti selanjutnya untuk melanjutkan penelitian dan pengembangan panduan teknik restrukturisasi kognitif untuk mereduksi kejenuhan belajar hingga tahap uji validitas, kepraktisan, dan keefektifannya agar produk bisa digunakan untuk mereduksi kejenuhan belajar.


Kata Kunci: Panduan Teknik Restrukturisasi Kognitif, Kejenuhan Belajar

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataaan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Naharus Surur, M.Pd.
2. Dr. Ribut Purwaningrum, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP