Penulis Utama : Tiana Fitricia
NIM / NIP : K3215057
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) latar belakang workshop lukis yang diadakan di komunitas Ruang Atas, 2) pelaksanaan workshop lukis di komunitas Ruang Atas,  dan 3) hasil  workshop lukis di komunitas Ruang Atas dalam kaitannya untuk meningkatkan apresiasi dan kreativitas seni remaja di kota Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi  kasus  tunggal  terpancang.  Sumber  data  diperoleh  dari  pendiri  komunitas
Ruang Atas, pemateri workshop, peserta workshop, dokumen dan arsip. Sampel
yang  digunakan  adalah  3  pemateri  workshop  lukis  Ruang  Atas  dan  9  peserta
workshop lukis dengan rincian masing-masing workshop 3 peserta, dengan teknik pengambilan purposive sampling. Data diperoleh melalui wawancara informan, observasi, dan metode documenter arsip workshop lukis Ruang Atas. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan cara mereduksi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Latar belakang pelaksanaan workshop lukis Ruang Atas adalah membagikan pengetahuan kepada masyarakat awam khususnya bidang lukis; 2) Dalam pelaksanaan workshop lukis, Ruang Atas bekerjasama dengan berbagai pihak seperti sponsorship dan art space. Workshop lukis Ruang Atas dilaksanakan di lokasi yang berbeda-beda. Materi workshop lukis menggunakan  teknik  dan  media  lukis  yang  berbeda-beda.  Materi  disampaikan secara lisan dan demonstrasi. Pemateri diambil dari kalangan seniman muda di lingkup kota Surakarta. Peserta workshop diberikan kesempatan tanya jawab; 3) Terdapat perbedaan hasil karya workshop lukis Ruang Atas dan perbedaan perkembangan karya setiap peserta setelah mengikuti workshop lukis.

Kata Kunci: Workshop Seni Rupa, Workshop Lukis, Teknik Lukis, Hasil Karya Lukis

 

×
Penulis Utama : Tiana Fitricia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3215057
Tahun : 2021
Judul : Workshop Lukis di Komunitas Ruang Atas Jebres untuk Meningkatkan Apresiasi dan Kreativitas Seni Remaja di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Seni Rupa - K3215057 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Adam Wahida, S.Pd., M.Sn.
2. Nanang Yulianto, S.Pd., M.Ds.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.