Penulis Utama : Yuliana Wulansari
NIM / NIP : K3216064
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menjelaskan proses penciptaan desain motif batik yang dikembangkan bersumber dari nilai filosofi dan estetika kesenian Dongrek; (2) mendeskripsikan desain motif batik yang dihasilkan; (3) mengetahui respon masarakat Madiun mengenai produk yang dikembangkan.
Penelitian dan pengembangan ini Research and Development (R&D) mengacu pada model Sugiyono (2015) dengan 8 langkah yaitu : 1) analisis potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk (uji lapangan skala terbatas), 7) revisi produk, 8) uji pemakaian (uji lapangan skala luas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, studi pustaka dan analisis dokumen. Dalam menganalisa data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa : 1) Desain motif batik Dongkrek khas Madiun dengan sumber ide nilai filosofis dan estetika kesenian Dongkrek yang diwujudkan ke dalam batik tulis sebagai prototype product, tahapannya meliputi eksplorasi, perancangan dan perwujudan 2) Desain motif batik yang dikembangkan berdasarkan uji validasi ahli kebudayaan sebesar 100% dengan kategori sangat baik, ahli batik sebesar 100% dengan kategori sangat baik, serta tanggapan masyarakat Madiun skala terbatas sebesar 91,25% dengan kategori sangat baik, dan tanggapan masyarakat Madiun dalam skala luas sebesar  90,35% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan keseluruhan hasil persentase penilaian desain motif batik Dongkrek khas Madiun dapat dikatakan menarik dengan kualitas desain sangat baik sehingga dapat menjadi inovasi dalam meningkatkan kreativitas mendesain batik untuk menambah keberagaman motif Dongkrek sebagai bagian dari upaya pengenalan dan pengangkatan budaya dengan kearifan lokalnya, pelestarian serta pemajuan kebudayaan.

Kata kunci : Pengembangan, Desain Motif Batik, Dongkrek, Nilai Filosofis Dan Estetika

 

×
Penulis Utama : Yuliana Wulansari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3216064
Tahun : 2021
Judul : Nilai Filosofis dan Estetika Kesenian Dongkrek Sebagai Sumber Ide Pengembangan Desain Motif Batik Khas Madiun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Seni Rupa - K3216064 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Adam Wahida, S.Pd., M.Sn.
2. Endang Sri Handayani, S.Sn., M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.