Penulis Utama : Ivara Mangesti Gumilar
NIM / NIP : K3316029
×

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui persebaran kategori pertanyaan menurut QCSS pada konsep hidrolisis garam  yang terdapat dalam buku teks kimia kelas XI kurikulum 2013 dan persebaran pertanyaan yang terdapat dalam buku teks kimia kelas XI kurikulum 2013 pada konsep hidrolisis garam berdasarkan indikator pembelajaran pada kompetensi dasar pembelajaran kimia kurikulum 2013.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisa kualitatif sederhana dengan bentuk frekuensi serta presentase. Populasi penelitian ini adalah seluruh buku teks kimia kelas XI kurikulum 2013 yang dipergunakan di SMA Negeri di Kota Surakarta. Sampel penelitian ini adalah buku teks kimia Erlangga, Intan Pariwara, dan Tiga Serangkai yang dipilih  dengan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh berdasarkan pengisian pada lembar observasi. Dimana teknik analisa data kualitatif dilakukan melalui empat tahapan utama yaitu menyusun format data, melakukan penentuan reliabilitas pengamat, memperhitungkan koefisien kesepakatan pengamat, dan melakukan penarikan kesimpulan disesuaikan dengan kriteria adaptasi menurut Wilkinson.
Hasil penelitian menunjukkan jika buku teks kimia Erlangga, Intan Pariwara, dan Tiga Serangkai secara berturut-turut mencapai presentase 83,19%, 93,94%, dan 74,51% yang didominasi kategori pertanyaan berpikir konvergen dan sebaran pertanyaan pada ketiga buku teks kimia ER, IP, dan TS sesuai Indikator Pembelajaran pada Kompetensi Dasar pembelajaran kimia kurikulum 2013 didominasi pertanyaan indikator 3.11.8 (menghitung (C3) untuk memecahkan masalah terkait perhitungan kimia menggunakan rumus hidrolisis) dengan presentase secara berturut-turut sebesar 39,82%, 56,06%, dan 27,45% dimana pada indikator 3.11.8 cenderung mengarah pada pertanyaan berpikir konvergen.

Kata kunci : buku teks kimia, pertanyaan, QCSS

 

×
Penulis Utama : Ivara Mangesti Gumilar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3316029
Tahun : 2020
Judul : Analisis Pertanyaan pada Materi Hidrolisis Garam dalam Buku Teks Kimia Kelas XI Kurikulum 2013 di Surakarta Berdasarkan Question Category System For Science (QCSS)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Kimia - K3316029 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ashadi
2. Dr. Maria Ulfa, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.