Penulis Utama : Lasminar Romti Simarmata
NIM / NIP : K3316032
×

Struktur kognitif meliputi fakta, konsep, dan generalisasi yang telah dipelajari dan dipahami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan struktur kognitif dengan prestasi belajar siswa dan mengetahui kategori struktur kognitif siswa pada materi larutan penyangga menggunakan peta konsep di kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan wawancara semi terstruktur. Observasi dilakukan berdasarkan indikator pembelajaran daring. Hasil tes digunakan untuk menganalisis struktur kognitif siswa. Wawancara semi terstruktur untuk menyelidiki dan mengkonfirmasi kembali struktur kognitif siswa. Validitas data menggunakan triangulasi metode.
Hasil penelitian diperoleh bahwa ada hubungan antara struktur kognitif dan prestasi belajar siswa pada materi larutan penyangga dengan kategori struktur kognitif siswa yaitu tinggi, sedang, dan rendah di kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2019/2020. Siswa dengan struktur kognitif tinggi mampu menjelaskan peranan larutan penyangga karbonat. Siswa dengan struktur kognitif sedang memiliki konsep komponen larutan penyangga, namun mereka tidak dapat menjelaskan bagaimana larutan penyangga dapat  mempertahankan pH. Siswa dengan struktur kognitif rendah tidak memiliki konsep jenis larutan asam basa. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi guru untuk menganalisis struktur kognitif siswa. Analisis struktur kognitif penting dilakukan untuk mengetahui konsepsi siswa.

Kata kunci : Larutan Penyangga, Struktur Kognitif, Peta Konsep

 

×
Penulis Utama : Lasminar Romti Simarmata
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3316032
Tahun : 2021
Judul : Analisis Hubungan Struktur Kognitif dengan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga Menggunakan Peta Konsep di SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Kimia - K3316032 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Elfi Susanti VH, S.Si., M.Si.
2. Dr.paed. Nurma Yunita I, M.Si., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.