Penulis Utama : Purneng Gati Hartono Putri
NIM / NIP : K3316050
×

Dampak COVID-19 terhadap pelaksanaan pembelajaran yang ada di Indonesia yaitu pembelajaran berbasis daring merupakan hal baru yang dialami oleh seluruh siswa. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini antara lain untuk mengetahui ada tidaknya : (1) korelasi antara self efficacy terhadap prestasi belajar siswa; (2) korelasi antara persepsi siswa dalam pembelajaran kimia berbasis daring terhadap prestasi belajar siswa; dan (3) korelasi antara self efficacy dan persepsi siswa dalam pembelajaran kimia berbasis daring terhadap prestasi belajar siswa dalam materi larutan elektrolit dan nonelektrolit siswa kelas X MIPA SMA Negeri 5 Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam SMA Negeri 5 Surakarta pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah seluruh siswa 179 siswa yang terbagi menjadi 5 kelas. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas X MIPA 4 sebanyak 36 siswa yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh melalui angket self efficacy, angket persepsi siswa dalam pembelajaran kimia berbasis daring, dan tes soal pengetahuan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis korelasi sederhana, korelasi ganda, dan regresi ganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat korelasi positif dan signifikan antara self efficacy dengan prestasi belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,625; (2) terdapat korelasi positif dan signifikan antara persepsi siswa dalam pembelajaran kimia berbasis daring dengan prestasi belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,632; dan (3) terdapat korelasi positif dan signifikan antara self efficacy dan persepsi siswa dalam pembelajaran kimia berbasis daring dengan prestasi belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,730. Diperoleh persamaan regresi dari hasil uji regresi ganda : Y = 18,796 + 0,434X1 + 0,391X2 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,533 (53,3%).

Kata kunci : Self Efficacy, Persepsi Siswa, Prestasi Belajar.

 

×
Penulis Utama : Purneng Gati Hartono Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3316050
Tahun : 2020
Judul : Korelasi Antara Self Efficacy dan Persepsi Siswa dalam Pembelajaran Kimia Berbasis Daring Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Kimia - K3316050 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Maria Ulfa, M.Si.
2. Dr. Budi Hastuti, S.Pd., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.