Penulis Utama : Riyani Fatmawati
NIM / NIP : K3316058
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Penilaian Akhir Semester genap mata pelajaran kimia kelas X MIPA tahun pelajaran 2019/2020 yang dibuat oleh guru mata pelajaran kimia kelas X.
Analisis butir soal pada penelitian ini dilakukan dengan pendekatan modern (teori respon butir) menggunakan model Rasch dengan software Winstep. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui metode dokumentasi, yaitu 25 butir soal pilihan ganda dengan 287 responden.
Hasil analisis ditinjau dari nilai reliabilitasnya, instrumen tes tersebut termasuk kategori baik dengan nilai alpha cornbach sebesar 0,72. Pada model Rasch dapat diketahui juga nilai reliabilitas butir soal dan responden yaitu sebesar 0,98 dan 0,70 dengan kategori baik. Ditinjau dari validitasnya, terdapat 24 item soal yang dinyatakan valid dan satu item dinyatan tidak valid. Jika dilihat dari indeks tingkat kesukaran, terdapat tingkat kesukaran yang beragam yaitu sangat sangat sukar sebanyak 6 soal, soal sukar sebanyak 4 soal, dan soal mudah sebanyak 8 soal, dan soal sangat mudah sebanyak 7 soal. Indeks daya pembeda menunjukkan bahwa daya beda soal seluruh item memiliki daya beda yang baik. Efektifitas pengecoh menunjukkan bahwa 6 item soal pengecohnya sudah efektif sedangkan dua item lainya kurang efektif.

Kata kunci: Analisis butir soal, Rasch model, Teori Respon Butir (IRT), Winstep

 

×
Penulis Utama : Riyani Fatmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3316058
Tahun : 2021
Judul : Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Tahun Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMA Negeri 1 Sragen Menggunakan Model Rasch
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Kimia - K3316058 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Maria Ulfa, S.Si, M.Si
2. Dr. Sri Yamtinah, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.